Antisipasi Lonjakan Covid-19 Akhir Tahun, Pemkot Bekasi Siagakan Rumah Sakit Darurat

Infobekasi.co.id – Pemerintah Kota Bekasi mengumumkan, kemungkinan akan kembali mengoperasikan RSD Stadion Patriot Chandrabhaga, sebagai fasilitas penunjang ruang rawat inap pasien Covid-19.

Langkah ini, upaya untuk mengantisipasi lonjakan Kasus Covid-19 di Kota Bekasi akhirnya tahun 2022. Namun, sejauh ini masih melihat dari situasi terlebih dahulu.
“Ya nanti kita lihat perkembangan yang ada, itu kan rumah sakit cadangan (RSD Stadion Patriot Chandrabhaga),” jelas Plt Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto saat ditemui wartawan Infobekasi.co.id di Rawalumbu, Rabu (23/11/22).
Tri menjelaskan, untuk persiapan mengantisipasi lonjakan Covid-19 di Kota Bekasi, pihaknya sudah menginstruksikan Direktur RSUD Chasbullah Abdulmadjid, agar  mempersiapkan fasilitas kesehatan. Hal itu sebagai langkah antisipasi penyebaran virus Covid-19.
Kota Bekasi diketahui kembali mengalami peningkatan kasus corona. Terbaru, melalui Laporan Komite Kebijakan Penanganan Covid-19, dan Transformasi Pemulihan Ekonomi (KPC-PEN) Kota Bekasi 22 November 2022, kasus aktif Covid-19 di Kota Bekasi  mencapai diangka 1.960 kasus.
“Yang jelas saya sudah perintahkan kepada Kepala RSUD Kota Bekasi (Direktur RSUD Chasbullah Abdulmadjid), mempersiapkan sarana dan prasarana apabila sewaktu-waktu ada lonjakan kasus covid-19,” tegas Tri.
Masih kata Tri, dari beberapa persiapan fasilitas penunjang kini tengah diupayakan, menyiapkan ruangan khusus di Lantai Gedung E RSUD Chasbullah Abdulmadjid sebagai tempat perawatan pasien.
“Nanti lantai gedung E RSUD Chasbullah akan kita kembalikan lagi, menjadi tempat rawat inap pasien covid 19. Sejauh ini kita masih konsentrasi Rumah Sakit Pemerintah dan  Swasta yang ada,” imbuh Tri.
Kedepannya, Pemkot Bekasi juga bakal memberikan surat pemberitahuan ke pengelola Rumah Sakit swasta agar bisa menyiapkan kembali ruang-ruang perawatan, antisipasi lonjakan kasus Covid-19.
“Kita juga sudah memberikan surat pemberitahuan kepada RS swasta, mempersiapkan kembali ruang ruang bangsal (ruang perawatan). Nantinya akan dipergunakan, berkaitan penyebaran Covid-19,” tutup Tri.
Sebagai informasi, Pemkot Bekasi memiliki 46 Rumah Sakit fasilitas pasien Covid-19. Puluhan Rumah Sakit itu terdiri, 41 Rumah Sakit Swasta, 4 RSUD Tipe D, 1 RSUD Tipe B.
Denny Putra/drs

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini