Serapan Anggaran Belanja 2022 Kota Bekasi Rp.4,1 Triliun

Infobekasi.co.id – Badan Pengelolaan Keuangan Anggaran Daerah (BPKAD) Kota Bekasi mencatat realisasi serapan anggaran belanja daerah tahun ini baru mencapai 61,44 persen atau sekitar Rp 4,1 triliun dari total APBD sebesar Rp 6,6 triliun setelah perubahan.

“Serapan anggaran belanja daerah paling tinggi itu ada di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) dan Dinas Koperasi dan UMKM,” kata Kepala BPKAD Kota Bekasi Sudarsono saat ditemui Infobekasi.co.id di kantornya, Rabu, 30 November 2022.

Sementara untuk OPD memiliki serapan anggaran belanja yang terendah ada di Disperkimtan, DBMSDA dan juga DP3KB. Pemerintah optimis serapan anggaran bisa maksimal sampai dengan akhir tahun. Belanja daerah yang rendah sebelumnya mendapat perhatian Presiden Joko Widodo.

“Kalau targetnya kita ingin 100 persen, tapi biasanya itu tidak. Kita upayakan sekitar 90 persen,” kata Sudarsono.

Sejumlah faktor yang mempengaruhi belanja daerah tidak sampai 100 persen karena selisih dari pagu anggaran dan nilai pemenang lelang. Karena itu, sisa anggaran yang tidak terserap masuk ke dalam sisa lebih penggunaan anggaran (silpa).

Adapun rincian belanja daerah terdiri dari Belanja Operasi sebesar Rp 5,2 Triliun, Belanja modalnya sebesar Rp 1,26 triliun lebih, dan Belanja Tak Terduga (BTT) sebesar Rp 174 Miliar.

Kontributor: Denny Arya Putra

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini