Ratusan Warga Kota Bekasi Minta Bantuan Damkar, Lepas cincin di Jari

Infobekasi.co.id – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Bekasi, mencatat, pada tahun 2022 hingga pertengahan Bulan Desember 2022, ratusan laporan evakuasi cincin dari masyarakat berhasil ditangani.

“Sepanjang tahun 2022, hingga per-tanggal 13 Desember 2022, kami berhasil mengevakuasi cincin hampir 134 laporan yang masuk,” ujar Kasi Komunikasi dan Investigasi Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi, Heri Kurniato, saat dihubungi Infobekasi.co.id melalui sambungan selulernya, Rabu (14/12/2022).

Heri mengatakan, dari ratusan laporan evakuasi tersebut. Rata-rata kebanyakan masyarakat meminta dilakukan proses evakuasi lantaran tumbuh kembang jari, hingga terjadi penyempitan cincin. Bahkan ada juga faktor ketidaksengajaan menggunakan cincin.

“Kebanyakan masyarakat melaporkan ke Damkar, rata-rata kasusnya cincinnya sudah tidak muat,” tutur Heri.

Masih kata Heri, saat proses evakuasi cincin, pihak Damkar Kota Bekasi sering mendapatkan rujukan dari tempat fasilitas kesehatan. Mereka menyarankan, setiap orang yang mengalami keluhan soal pelepasan cincin di jaritangan, bisa dialihkan ke Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar).

“Biasanya, kita mendapat rujukan dari klinik kesehatan. Mereka juga mengalihkan ke Damkar. Mungkin, pasien mendapatkan informasi dari medsos, bahwa Damkar bisa menangani Evakuasi cincin,” tandas Heri

Heri memaparkan, proses evakuasi cincin dengan cara menggunakan alat gerinda, sudah disiapkan anggota rescue, apabila menerima aduan evakuasi cincin.

“Rata-rata mereka yang minta dievakuasi datang ke Mako Damkar atau ke Pos Sektor Damkar. Kami melakukan evakuasi cincin berbentuk logam atau platinum, membutuhkan mata gerindra cukup banyak, dilihat dari segi ketebalan cincinnya, ataupun kesulitan lainnya. Apabila korban sudah mengalami luka ditangan, membutuhkan kehati-hatian yang cukup ekstra, sekaligus memakan waktu. Kita juga melihat keadaan korban, apakah merasakan sakit atau tidak,” kisah Heri.

Kontributor: Denny Arya Putra

Editor: deros

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini