Ekosistem Rantai Makanan Penyebab Banyak Ular Masuk Ke Pemukiman Warga

Infobekasi.co.id – Tim Rescue Pleton B Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi, Eko Uban, memaparkan, mengapa ular kerap ditemukan di pemukiman warga. Hal ini dipengaruhi oleh rantai makanan dalam ekosistem di dunia hewan.

“Saat ini pola rantai makanan sudah mulai berubah. Posisi kedudukan burung elang setelah ular itu udah engga ada. Kedua, kedudukan rantai makanan lainnya, biawak dan musang juga kerap dibantai manusia. Sehingga, kini banyak ular yang ditemukan,” papar Eko, Jumat (06/01/2023).

Kata Eko, sebenarnya hewan biawak maupun musang, keberadaan mereka bisa membantu manusia untuk bisa membasmi telur-telur ular.

“Di karenakan pola rantai makanan teratas sudah pada dibasmi. Habitat ular makin berkembang biak dan lahan semakin menyempit, hal itu banyak ular yang masuk ke rumah ruang warga,” ungkapnya.

Masih kata Eko, kebanyakan jenis ular yang kerap dievakuasi oleh tim damkar Kota Bekasi berjenis ular sanca dan juga ular kobra.

“Kenapa lebih dominan kedua ular tersebut. Karena habitat mereka yang sudah engga ada. Dominan ular yang ditemukan di Kota Bekasi itu ular cobra, ular hijau, ular sanca, ular weling. Di mana ada makanan, ular pasti bersemayam, bila rantai makanannya sudah habis, ular mencari makan yang lain, seperti ayam. Sebab rantai makanan diatasnya lagi lagi sudah engga ada,” tutup Eko.

Kontributor: Denny Arya Putra

Editor: Deros D.Rosyadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini