Merawat Tradisi, Warga Bekasi Gelar Malam Nisfu Syaban

infobekasi.co.id – Malam Nisfu Syaban adalah malam pada pertengahan bulan Syaban atau malam tanggal 15 Syaban. Pada tahun ini malam Nisfu Syaban jatuh pada Selasa, 7 Maret 2023 hingga Rabu, 8 Maret 2023.

Seperti biasa, para jemaah hadir ke musala, mesjid terdekat, dengan pembacaan surat yasin sebanyak tiga kali.

Tiap kali pembacaan yasin, jemaah memanjatkan permohonan kepada Allah SWT. Tiga doa yang dipanjatkan tentu salah satunya, agar dipanjangkan umur untuk beribadah.

Doa kedua, memanjatkan permohonan untuk diberikan rezeki yang lancar, sehingga tenang dalam beribadah. Dan doa yang ketiga, agar dimantapkan keimanan dalam beribadah kepada Allah SWT.

“Malam ini malam penuh rahmat. Semua umat Nabi Muhammad diampuni dosanya. Kecuali dosa besar, diantaranya syirik,” ujar salah satu Tokoh Agama, Kp. Pengarengan, Kaliabang Tengah, Bekasi, Ustadz H. Jayani.

Dari pantauan infobekasi.co.id, masyarakat Bekasi antusias datang ke musala dan mesjid terdekat. Suara lantunan ayat yasin terdengar di seantero Bekasi dan sekitarnya.

Jemaah membawa air minum dari rumah, baik dalam bentuk kemasan botol, atau gelas. Niatnya air tersebut mendapat keberkahan dari pembacaan lantunan surat yasin tersebut.

Umat muslim sekaligus menyambut datangnya bulan suci Ramadan yang sebentar lagi tiba. Tradisi Nisfu Syaban di Bekasi masih kental dengan nilai-nilai kekeluargaan, keguyuban.

Sebelum bulan suci Ramadan datang, umat muslim sering memanjatkan doa, sebagaimana dicontohkan Rasulullah SAW.

Salah satunya doa agar bisa merasakan kembali bulan Ramadan, bulan penuh berkah, bulan yang dinantikan kaum muslim seluruh dunia.

Allaahumma baarik lanaa fii Rajabi wa Sya’baana, wa baarik lanaa fii Romadhoona

(Deros D.Rosyadi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini