Banyak Warga Bekasi BAB Sembarangan, Pemkot Bekasi Bakal Bangun 1.200 Septic Tank

 

Infobekasi.co.id – Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto merencanakan tahun 2023 ini, sebanyak 1.200 septic tank bakal dibangun Pemkot Bekasi. Hal ini upaya pola hidup sehat, sekaligus menciptakan wilayah bebas dari ODF (Open Defecation Free).

“Tahun ini kita akan membangun 1.200 septic tank, Prosesnya lagi di dinas terkait,” kata Tri Adhianto, saat ditemui Infobekasi.co.id selepas Kegiatan Apel Pagi di Gedung Plaza Pemkot Bekasi, Senin (13/03/2023) Pagi.

Mengenai pembangunan septic tank anggaran yang bakal disiapkan Pemkot Bekasi sekitar Rp. 2 Miliar.

“Dimana anggaran itu, kita persiapkan guna membangun ribuan septic tank bagi masyarakat,” jelasnya.

Permasalahan ini masih ditemukan beberapa wilayah di Kota Bekasi yang belum mendapatkan WC dalam kategori layak. Sslain itu untuk menerapkan pola hidup sehat.

“Ini akan menjadi salah satu hidup sehat, masa orang buang (kotoran) langsung ke kali. Jangan sampai dibuang ke tanah. Justru kita tempatkan, kemudian kita juga perbaiki WC WC mereka, sehingga saya kira WC menjadi salah satu tempat yang nyaman buat mereka itu yang penting hidup sehat,” papar Tri.

Dari 56 Kelurahan tersebar di wilayah Kota Bekasi melalui 12 Kecamatan yang ada, hanya beberapa wilayah yang terbebas dari ODF.

“Dari awal saya masuk, baru 13 Kelurahan bebas ODF (Open Defecation Free) atau stop buang air besar sembarangan. Kemudian meningkat hampir 24 Kelurahan yang ODF. Nanti kita harapkan dengan adanya septic tank, mungkin bisa sekitar nambah 13 -15 Kelurahan yang menjadi ODF baru,” pungkasnya.

Kontributor: Denny Arya

Editor: Deros D.Rosyadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini