Syarat Baca Tulis Berhitung Masuk SD Dihapus, Ini Alasannya

Infobekasi.co.id – Dinas Pendidikan Kota Bekasi melakukan sosialisasi perihal penyesuaian penerimaan peserta didik baru (PPDB) di jenjang SD/MI, yakni sosialisasi penghapusan syarat baca tulis dan berhitung (calistung) calon siswa Sekolah Dasar (SD).

Hal itu terkait, intruksi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikburistek), Nadiem Anwar Makarim yang memutuskan menghapuskan tes membaca, menulis, dan menghitung (calistung) penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SD.

“Yang pertama kita sudah melakukan sosialisasi. Kita sosialisasikan lewat penilik pengawas TK maupun SD dan kepada para Kepala Sekolah maupun Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) sudah kita kumpulkan, bahwa tidak mempersyaratkan calistung sebagai syarat masuk ke SD dari TK ke jenjang SD,” jelas Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Deded Kusmayadi, saat dikonfirmasi Infobekasi.co.id, Kamis (06/04/2023).

Deded memastikan, walaupun syarat Calistung sebagai penerimaan peserta didik baru tersebut telah dihapus. Implementasi pembelajaran kurikulum nantinya sudah disesuaikan, tidak akan berpengaruh.

Sebagai informasi, Kemdikbudristek bakal melakukan penyesuaian Kurikulum Merdeka Belajar, termasuk menghapus persyaratan calistung bagi calon siswa Sekolah Dasar (SD).

“Ya jelas tentu beda, kalau calistung ini hanya pada saat proses penerimaannya saja, tentu inikan arahan pusat bahwa tidak ada lagi mempersyaratkan calistung sebagai syarat wajib masuk SD. Terutama, untuk negeri, Kalau yang swasta kita juga mengimbau untuk sama-sama melaksanakan, tapi kadang swasta juga sudah punya prosesnya tersendiri dalam proses PPDB, kita juga menghargai,” beber Ia.

Guna mendukung perencanaan sosialisasi penghapusan calistung, dalam waktu dekat akan segera membuat Surat Edaran (SE) yang nantinya turut ditujukan kepada pihak sekolah sebagai upaya tindak lanjut aturan baru tersebut.

“Surat Edaran akan segera kita buatkan nantinya, untuk menindaklanjuti arahan dari pusat, yaitu dari Kemendikbud. Meski, untuk persiapan PPDB sendiri di Kota Bekasi, sejauh ini kita masih baru tahap persiapan. Perwal-nya juga baru kita ajukan, masih proses. Nanti jika sudah ada tindak lanjutnya, kita akan segera publikasikan,” pungkasnya.

Kontributor: Denny Arya

Editor: deros d rosyadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini