Daun Pisang Bikin Nasi Timbel Buat Piknik Lebaran

infobekasi.co.id – Piknik usai lebaran biasanya masyarakat bersama sanak famili mencari tempat liburan ke pantai. Ada juga memilih ke pemandangan alam, seperti puncak, Bogor.

Warga Bekasi Utara dan sekitarnya, biasanya lebih memilih pantai Jembatan Cinta yang ada di laut Marunda, atau ke Pantai Pakis di Karawang.

Selain murah meriah dan ongkos tidak terlalu mahal. Warga Bekasi biasanya membuat timbel. Nasi yang dibungkus pakai daun pisang, isi lauknya biasanya ikan ayam, ikan teri, sayur mayur ditambah sambal goang, racikan khas orang Bekasi.

Timbel bisa semeter panjangnya, sesuai anggota keluarga yang ikut piknik. Dari rumah nasi tersebut dilipat pakai daun pisang. Setelah sampai di tempak piknik, waktunya makan siang, timbel tersebut digelar bersama lauk pauk yang dibawa dari rumah.

Setelah itu sanak famili duduk tertib, mengambil posisi makan yang nyaman sambil sila. Nasi dan lauk pauk disebar rata, makannya juga tindak pakai sendok, langsung dicomot pakai tangan. Tidak ada perbedaan kasta saat makan bersama nasi timbel.

Dulu, sebelum ada tupperware, orang tua di Bekasi selalu bekelin anaknya yang pergi piknik dengan nasi timbel, dibungkus daun pisang.

Pohon pisang banyak tumbuh di perkampungan. Tinggal petik, cari batang daun yang bagus. Setelah itu direret, ambil daunnya.

Nasi yang dibungkus daun pisang tersebut saat dibuka dan dinikmati rasanya pulen. Bau daun pisang bikin menambah nafsu makan. Apalagi ada adukan jengkol, kerupuk, dan sambal.

Begitu cara piknik (liburan) masyarakat Betawi Bekasi saat dulu. Mungkin sebagian masih ada seperti itu jika piknik bersama keluarga. Ada juga yang tidak mau ribed, tinggal pesan nasi dan lauk di warung makan dekat tempat piknik.

Selamat berlibur (piknik) lebaran. Maaf lahir dan batin.

(Deros D.Rosyadi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini