Cegah Penipuan Tiket Konser Coldplay, Pemerintah Imbau Masyarakat Waspada Transaksi Digital

infobekasi.co.id – Grup musik asal Inggris Coldplay bakal menyelenggarakan tur konser musik dari album Music of the Spheres (MotS) di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 15 November 2023.

Antusias para penggemar dan banyaknya pembeli tiket Coldplay membuka peluang para oknum dengan menjual tiket dengan harga fantastis, hingga dikhawatirkan maraknya kasus penipuan penjualan tiket konser Coldplay.

Saat dimintai tanggapannya mengenai hal ini, Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin mengimbau kepada masyarakat untuk dapat berhati-hati dalam melakukan transaksi digital, tidak hanya menjelang konser Coldplay.

“Mengenai tiket Coldplay ya, saya kira bukan hanya soal Coldplay tapi semua saja supaya masyarakat berhati-hati untuk tidak mudah tertipu,” ujar Wapres RI kepada awak media usai meresmikan pembukaan Asia Media Summit (AMS) ke-18 Tahun 2023 di Grand Hyatt Bali, Kawasan Wisata Nusa Dua BTDC, Jl. Nusa Dua, Benoa, Kabupaten Badung, Bali, Selasa (23/05/2023).

“Sebab banyak (penipuan) yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab,” imbuh Wapres RI.

Lebih lanjut, Wapres menyebutkan, transaksi keuangan secara digital berpotensi terjadinya penipuan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

“Dalam semua hal, di transaksi-transaksi keuangan juga yang menggunakan digital, ini memang banyak penipuan-penipuan,” kata Wapres RI.

Pada kesempatan yang sama, Wapres juga meminta keterlibatan pengawasan dari para pihak yang berwenang, untuk bersama-sama mengawal mencegah terjadinya penipuan dan meningkatkan sistem keamanan transaksi keuangan.

“Dan kedua, pengawasan dari pihak yang bertanggung jawab, atau dari otoritas supaya hal-hal seperti ini tidak punya kesempatan (terjadi),” kata Wapres mengingatkan.

Terakhir, Wapres meminta para pemangku kepentingan, agar dalam penyelenggaraan acara dapat mengambil langkah preventif dengan melakukan pengawasan sejak dini.

“Sehingga pengawasannya sejak mulai, ketika itu sudah akan diluncurkan, itu sudah harus mulai dilakukan pengawasan dan adanya sistem pencegahan kemungkinan terjadinya penipuan seperti ini,” pungkasnya.

Editor : Dede Rosyadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini