Dianggap Merusak Mental Pelajar, Sejumlah Platform Sosmed Digugat

infobekasi.co.id – Perusahaan Meta, Google, Snap, dan ByteDance (perusahaan menaungi Tiktok) disebut merusak mental para murid di sekolah di Maryland, Amerika Serikat (AS).

Dalam laporan The Verge, Sabtu (3/6/2023) Howard County Public School System (HCPSS) sebagai pihak penggugat, melayangkan gugatan pada Kamis (1/6).

Badan distrik sekolah tersebut mengklaim media sosial adalah produk adiktif dan berbahaya, mengubah pikiran, perasaan, dan perilaku anak-anak.

Gugatan diajukan HCPSS mengutip beberapa fitur dari berbagai platform media sosial, seperti Instagram, Facebook, YouTube, Snapchat, dan Tiktok, dianggap berbahaya bagi anak-anak.

Fitur-fitur tersebut antara lain adalah, For Your Page (FYP) di Tiktok serta algoritma rekomendasi konten di Facebook dan Instagram.

HCPSS juga menuduh konten di sejumlah media sosial tersebut memiliki efek perbandingan sosial negatif dan tidak sehat bagi anak-anak, menyebabkan masalah kesehatan mental dan fisik mereka.

Selain itu, setiap aplikasi media sosial juga dianggap memiliki fitur kontrol orang tua dan keamanan konten buruk, sehingga dituduh mempromosikan eksploitasi seksual anak.

Bukan hanya di Maryland, dilnasir dari jccnetwork.id, distrik sekolah di Florida, California, Pennsylvania, New Jersey, Alabama, Tennessee, negara bagian Washington, dan wilayah lainnya juga mengajukan gugatan serupa terkait dampak negatif media sosial terhadap kesehatan mental anak.

EditorĀ  : Dede Rosyadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini