Gagal Ujian Praktik SIM, Ini Solusi dari Satlantas Polres Metro Bekasi

infobekasi.co.id – Satlantas Polres Metro Bekasi Kota membuat terobosan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan surat izin mengemudi (SIM). Meminimalisir kegagalan dalam proses ujian SIM di lapangan.

Satlantas Polres Metro Bekasi Kota kini menyediakan latihan ujian praktik SIM bisa dilakukan secara gratis.

“Para peserta ini rata-rata gagal saat melakukan pembuatan SIM baru, agar mereka tidak gagal lagi kami berikan pelatihan secara gratis. Bagi para peserta bisa mencoba sepuasnya agar saat melakukan ujian praktik kembali tidak grogi,” kata Petugas Penguji SIM Roda Dua Polres Metro Bekasi Kota, Aiptu Agung Warsito, Minggu (11/6/2023) kemarin.

Kesempatan latihan ujian praktik SIM ini dilaksanakan setiap hari Minggu pada pukul 09.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB.

Latihan ujian praktik libur jika lapangan uji praktik digunakan untuk kedinasan, hari besar dan libur nasional.

Ada beberapa materi ujian praktik SIM yang harus dilalui pemohon sesuai dengan Peraturan Kapolri nomor 9 tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi.

Dilansir dari GirdOto.com, setiap peserta wajib mengikuti dua tingkatan Ujian Praktik, yaitu Ujian Praktik I dan Ujian Praktik II.

Materi ujian praktik I SIM A:

Uji menjalankan kendaraan maju dan mundur pada jalur sempit. Uji slalom (zig zag) maju dan mundur. Uji parkir paralel dan parkir seri. Uji mengemudikan kendaraan berhenti di tanjakan dan turunan

Materi ujian praktik I pemohon SIM C
Ujian pengereman/keseimbangan. Uji slalom (zig zag). Uji membentuk angka delapan. Uji reaksi rem menghindari. Uji berbalik arah membentuk huruf U

Editor : Dede Rosyadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini