Meraup Cuan dari Daur Ulang Sampah Botol Plastik

infobekasi.co.id – Sampah, dipandang sebagian orang tidak ada harganya. Namun, jika diolah dengan tepat, sampah bisa menghasilkan keuntungan (cuan), salah satunya daur ulang sampah botol plastik.

Di Bekasi, setiap hari menghasilkan sekitar 7000-8000 ton sampah yang harus dibuang ke TPA Bantar Gebang. Sampah tersebut bercampur, organik dan anorganik. Organik bisa berupa sisa sayuran, buah, makanan. Sedangkan Anorganik berupa plastik, logam, besi, sesuatu yang tidak mudah terurai.

Untuk sampah botol plastik bisa didaur ulang kembali menjadi berbagai produk seperti biji plastik, dacron, hingga botol plastik itu sendiri. Proses daur ulang botol plastik dimulai ketika botol plastik dikumpulkan, kemudian disortir berdasarkan jenis warnanya.

Biasanya botol plastik dikumpulkan pemulung, bank sampah kemudian disetor kepada pengepul atau agen. Harga saat ini botol plastik dihargai sekitar Rp 4000 hingga Rp 5000 per kilo ditingkat agen.

Andaikan setor 10 kg, berarti kita mendapatkan keuntungan Rp 40 ribu hingga Rp 50 ribu. Bila sehari 10 kg, dikalikan satu bulan berarti kita mendapatkan keuntungan Rp 1,5 juta rupiah.

Akan lebih menguntungkan lagi jika volume botol plastik yang disetor bisa lebih banyak lagi, misal 100 kg per hari. Bisa dibayangkan berapa cuan yang dihasilkan.

Lalu, setelah disetor ke pengepul biasanya botol plastik dipress atau ditekan hingga tipis atau pipih sehingga tidak butuh banyak ruang ketika dikirim ke pabrik. Harga botol plastik sudah dipress harganya sudah berbeda lagi, lebih tinggi ketimbang hanya berbentuk botol.

Setelah dipress, botol plastik dikirim ke pabrik untuk dicacah dan siap dijadikan berbagai macam produk untuk industri. Industri daur ulang botol plastik ini masih sangat besar pasarnya, ditambah lagi banyak sekali sampah botol di Bekasi.

Yuks, kita bersihkan lingkungan kota Bekasi sekaligus raup cuan. Ibarat pepatah, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.

Kontributor : Eky Wahyudi

Editor           : Dede Rosyadi

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini