Menparekraf Sandiaga Uno Promosikan Wisata Kampung Kranggan Bekasi

Infobekasi – Menteri pariwisata dan ekonomi kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno sambangi warga Kota Bekasi dalam dialog interaktif Desa Kreatif Menunjang Potensi Wisata Bisnis.

Kata sandi, salah satu poin tema yang berlangsung, termasuk peranan pemerintah daerah dapat mengoptimalkan sumber daya manusia dan alamnya.

“Bekasi bisa mengambil peluang ini dalam target pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif, produk-produk UMKMnya juga yang akan kita dorong dan akan menciptakan 4,4 juta lapangan kerja di 2024,” kata Sandiaga Uno, Sabtu (8/7/2023).

Kemudian, kata ia terdapat satu desa di Bekasi yang memiliki potensial sebagai desa kreatif.

Desa tersebut bernama Kampung Kranggan, Kelurahan Jatirangga, Kecamatan Jatisampurna Kota Bekasi.

“Kebetulan kami sudah menerbitkan permen (Peraturan Menteri) tentang Desa Kreatif ini maka kami akan lakukan pelatihan dan pendampingan bagi para pelaku ekonomi kreatif di Desa Kranggan,” jelasnya.

Lebih lanjut dari produk serta daya tarik dari Kranggan sendiri nantinya akan dikembangkan dan dipamerkan ke mancanegara.

Kemudian, dijelaskannya Kemenparekraf juga memiliki Dana Alokasi Khusus (DAK), hal itu dapat diberikan ke wilayah yang memiliki potensi desa kreatif.

Namun dikatakan Sandi, anggaran tersebut harus disusun dan diserahkan langsung untuk segera dikaji dan diberikan.

“Kita kebetulan punya mekanisme dana alokasi khusus, dan seandainya DAK itu diajukan kita bisa prioritaskan di tahun anggaran 2024,” ucap Sandi.

“Tahun 2023 itu, setelah DED, itu nanti diajukan oleh pemerintah Kota dan akan kami bantu untuk percepatan nya di kementrian keuangan,” ungkapnya.

Sementara itu, Lurah Jatirangga, Ahmad Apandi membenarkan wilayahnya masuk dalam Desa Kreatif binaan Menparekraf.

“Kelurahan Jatirangga merupakan binaan asosiasi desa kreatif dan kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif republik Indonesia, hari ini juga akan didorong kelurahan kelurahan lain,” imbuhnya.

Kemudian kata Apandi, Kranggan memiliki berbagai nilai budaya baik yang juga terlihat secara fisik.

Diantaranya rumah adat Kranggan, pakaian khas Kranggan serta kegiatan masyarakat lokal untuk menghormati para leluhur seperti babaritan dan hari sedekah bumi.

“Kita punya seni pertunjukan dari ekonomi kreatif ada optimalisasi budaya dan kedepan kelurahan Jatirangga ini akan didorong menjadi desa kreatif dan desa wisata berbasis budaya,” pungkasnya. (Fahmi).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini