Komisi IV DPRD Kota Bekasi Dorong Disdik Evaluasi Berkelanjutan Pelaksanaan PPDB

Infobekasi.co.id – Komisi IV DPRD Kota Bekasi mendorong pemerintah daerah membuat evaluasi setiap selesai pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB). Hasil evaluasi untuk menetapkan kebijakan di tahun penerimaan berikutnya.

“Seyogyanya, inisiatif proses perbaikan harus dimulai bila memang komitmen perbaikan bekelanjutan itu “ada”,” kata Ketua Komisi IV DPRD Kota Bekasi, Daradjat Kardono ketika dikonfirmasi belum lama ini.

Yang menjadi sorotan tahin ini adalah PPDB dari jalur zonasi, dimana banyak ditemukan fenomena famili lain. Yaitu calon siswa menumpang alamat ke orang yang domisili dekat dengan sekolah yang dituju, dengan harapan bisa masuk melalui jalur zonasi.

“Dari waktu ke waktu hal yang sama sudah terjadi, ternyata memang lebih senang kecemplung di lubang yang sama,” katanya.

Karena itu, menurut dia, dengan masih ditemukannya bahkan marak, dapat disimpulkan bahwa komitmen perbaikan bekelanjutan “tidak hadir” dalam pola kerja pemerintah daerah.

Perbaikan, kata dia, bisa mulai inventarisir setiap permasalahan yang terjadi pada setiap akhir periode PPDB selesai, kemudian membuat forum lesson learned atau pembelajaran dari para stakeholder terkait atas setiap kurun proses PPDB.

“Kemudian identifikasikan formulasi akar masalah. Lalu inisiasikan sebuah proyek perbaikan untuk mengeliminasi akar masalah tersebut,” kata dia.

Terakhir, kata dia, menentukan tindakan perbaikan dan menjadikan sebuah prosedur tetap baku pada proses PPDB berikutnya dan seterusnya.

“Akan sangat indah bila hal tersebut terjadi, dan menjadi komitmen untuk perbaikan meningkatkan tatakelola eksekutif dari waktu ke waktu, namun kalau tidak ada komitmen perbaikan, niscaya akan berulang terus permasalahan tersebut,” kata Daradjat. (advertorial)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini