Kue dan Kuliner Ini Hanya ada di Bekasi

infobekasi.co.id – Tak kenal maka tak sayang. Begitu peribahasanya. Nah, di Bekasi ada makanan khas apa saja sih?.

Sebelum menelisik makanan khas Bekasi. Khususnya warga yang tinggal di Kota Bekasi kudu tahu, bahwa Kota Bekasi adalah sebuah kota di provinsi Jawa Barat.

Kota ini sekarang berada dalam lingkungan megapolitan Jabodetabek dan menjadi kota besar ke empat di Indonesia. Berjuluk sebagai Kota Patriot dan Kota Pejuang.

Untuk makanan khas, selain ada jenis kue basah khas Bekasi, ada beberapa jenis kue kering. Biasanya disediakan untuk para tamu yang berkunjung ke rumah. Selain itu saat kegiatan besar seperti hajatan pernikahan, sunatan.

Jenis kue kering yang ada di Bekasi di antaranya, kue akar kelapa, kue rengginang, kue wajik, kue sagon, kue procot, kue duit, kue brangas, kue ragi dan jenis kue lainnya.

Untuk makanan atau kuliner ada sayur asem, rasanya agak sedikit asem bila dibandingkan dengan jenis sayur asem di daerah lain. Sayur ini terasa nikmat bila disajikan di siang hari, apalagi ditambah lauk jengkol goreng. Di jamin nambah nasi dua piring.

Ada juga sayur ikan gabus atau sayur pucung. Sayur ini nampaknya hanya terdapat di Bekasi saja. Lantaran di Bekasi zaman dulu banyak rawa-rawa yang dihuni ikan gabus.

Sayur ikan gabus biasanya dimasak dengan menambahkan campuran pucung/ kluewek yang berwarna hitam dan memiliki aroma serta rasa yang khas.

Editor :  Dede Rosyadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini