PLN dan TANESCO Teken Kerjasama untuk Pengembangan Ekosistem Ketenagalistrikan di Tanzania

Infobekasi.co.id – Perusahaan Listrik Negara (PLN) Indonesia dan Tanzania Electric Supply Co Ltd (TANESCO), perusahaan sektor kelistrikan asal Tanzania, Afrika Timur, telah menandatangani kesepakatan kerja sama bisnis yang bertujuan untuk mengembangkan ekosistem ketenagalistrikan di Tanzania. Kesepakatan ini diumumkan dalam penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, dan Managing Director TANESCO, Maharage Chande, di Dar Es Salaam, Tanzania, pada Selasa (22/8/2023). Acara penandatanganan ini turut disaksikan oleh Presiden RI Joko Widodo, yang menunjukkan komitmen Indonesia dalam memperluas bisnisnya di tingkat global.

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN, menjelaskan bahwa MoU ini merupakan hasil lanjutan dari pertemuan sebelumnya antara PLN, Menteri Energi Tanzania January Makamba, dan Manajemen TANESCO pada Februari 2023 di Jakarta. Kesepakatan tersebut merupakan langkah konkret dalam mendukung pengembangan ekosistem ketenagalistrikan di Tanzania.

Dalam MoU ini, terdapat empat poin kerja sama yang disepakati. Pertama, mendukung transformasi digital di TANESCO, termasuk implementasi Digital Power Plant, Digitally Enabled Distribution Excellence, dan pengembangan Utility Super Apps dengan mengadopsi pengalaman dari PLN Mobile dalam meningkatkan Costumer Service Excellence TANESCO. Kedua, pengembangan inti bisnis utilitas di TANESCO, melibatkan Maintenance, Repair, and Operation (MRO), serta kerjasama co-investment.

Poin ketiga melibatkan pengembangan bisnis utilitas di luar inti di TANESCO, seperti solusi Power Quality dan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), serta MRO. Poin keempat berkaitan dengan penyediaan Capacity Building dan pertukaran pengetahuan melalui program internship pegawai TANESCO di PLN, terkait transformasi digital dan inti bisnis ketenagalistrikan.

Darmawan Prasodjo menekankan bahwa PLN memiliki banyak pengalaman dan cerita sukses yang dapat dibagikan dan diimplementasikan di Tanzania, terutama dalam hal manajemen sumber daya manusia, transformasi, dan digitalisasi di sektor ketenagalistrikan. Ia menyatakan komitmen PLN untuk mendukung kesuksesan proyek kerja sama ini, karena prestasi yang dicapai oleh PLN juga akan menjadi pencapaian bagi Indonesia.

Sementara itu, Managing Director TANESCO, Maharage Chande, menjelaskan bahwa langkah transformasi bisnis yang telah dilakukan oleh PLN dapat menjadi contoh yang diadopsi oleh TANESCO untuk meningkatkan keandalan dan keberlanjutan sistem kelistrikan di Afrika Timur, khususnya di Tanzania. Kerja sama ini juga sejalan dengan upaya mencapai tujuan bersama menuju Net Zero Emission (NZE).

Chande menyatakan, “PLN dikenal sebagai perusahaan listrik yang memiliki reputasi global. Kerja sama ini membuka peluang untuk ekspansi bisnis dan memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara dan perusahaan.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini