Tradisi Nganter Orang Umrah ke Bandara, Konon Biar ‘Ketularan’ Naik Pesawat

infobekasi.co.id – Mengantar dan mendoakan jemaah haji dan umrah adalah salah satu kebiasaan masyarakat Bekasi, khususnya Betawi. Malam hari tuan rumah menggelar pengajian, pagi harinya warga siap dandan rapih ikut mengantar ke bandara.

Tidak peduli, yang berangkat itu bukan ibu-bapaknya, bukan kakek-neneknya, saudaranya, pokoknya orang sekampung ikut mendoakan dan bareng-bareng naik mobil mengiringi jemaah umrah sampai pesawat lepas landas dari bandara Soekarno-Hatta.

Tradisi ini masih ada sampai sekarang. Dulu saat musim haji, tapi sekarang lantaran berangkat haji rada lama masa tunggunya, jadi warga mengantar jemaah umrah sampai bandara.

Konon katanya biar ‘ketularan’ bisa berangkat ke tanah suci Makkah. Begitu yakin masyarakat soal itu. Padahal berangkat haji dan umrah itu, modalnya cuma tiga: niat, sehat dan ada duit.

Ibaratnya, orang Betawi Bekasi kalau belum berangkat haji kurang afdol. Kudu nyaba ke tanah suci Makkah. Ya minimal berangkat umrah.

Semisal, besok pagi. Masyarakat Kaliabang Pengarengan ada yang mau berangkat umrah. Warga, mulai dari saudara, kerabat, tetangga hingga bocah sudah siap-siap ikut mengantar ke Bandara.

Pokonya sudah kayak mau hajatan, rame, dari ujung kampung sudah santer kedengeran bahwa si fulan besok mau berangkat umrah.

“Oblok nila udah mateng,” kata calon jemaah umrah, Haji Idi lewat pesan grup jejaring warga.

“Otw…,” sahut salah satu warga Kaliabang Pengarengan, Zahroin.

Begitu kompaknya masyarakat Bekasi, khususnya warga Betawi Kaliabang, mengantar jemaah umrah dengan berbondong-bondong naik mobil ke bandara.

Ada sebuah nilai pesan moral, bahwa pada dasarnya masyarakat Bekasi itu guyub, kompak, gotong royong kalau ada acara apapun, termasuk mengantar jemaah umrah ke bandara.

Zaman boleh berubah, tapi adat tradisi yang baik kudu dipelihara dan dijaga, bahwa kita ini bersaudara, sebangsa, se tanah air Indonesia.

Deros D.Rosyadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini