6 Trik dan Cara Mengelola Keuangan Agar Hidup Tenang dan Bahagia

infobekasi.co.id – Mengelola keuangan untuk jangka panjang adalah hal penting. Masyarakat cerdas mengatur pemasukan dan pengeluaran untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Selain itu juga untuk biaya pendidikan anak dan kebutuhan lainnya.

Ini enam tips mengelola keuangan yang dirangkum infobekasi dari berbagai sumber:

1. Buat Rincian Pengeluaran

Adanya rincian pengeluaran dapat membantu kita untuk mengetahui rata-rata pengeluaran perbulan sehingga memudahkan kita untuk mengalokasikan pemasukan dan terhindar dari perilaku boros.

2. Membuat Alokasi Pemasukan

Dengan rata-rata yang telah kita buat sebelumnya dapat menjadi acuan kita untuk membuat peng-alokasian tiap bulannya. Salah satu caranya yaitu dengan cara membuat perhitungan.

3. Lunasi hutang dan cicilan tepat waktu

Jika kita memiliki cicilan, pastikan kita membayarnya tepat waktu agar tidak mendapatkan denda dan juga bunga kredit. Denda dan bunga yang besar juga tentunya dapat membuat pengeluaran menjadi lebih tinggi.

4. Hindari gaya hidup konsumtif

Kita harus dapat menahan keinginan jika hal-hal yang diinginkan tidak terlalu dibutuhkan. Seperti membeli baju-baju yang trendy, padahal di rumah kita sudah memiliki baju yang layak pakai.

5. Siapkan dana darurat

Dana darurat merupakan salah satu hal penting yang harus kita sisihkan dari sebagian pemasukan kita. Fungsi dana darurat sebagai dana simpanan jika suatu hal yang tidak diinginkan, semisal terjadi musibah.

6. Menabung dan investasi di awal bulan

Dana untuk menabung dan investasi seharusnya dipisahkan terlebih dahulu sebelum kita memakai pemasukan tersebut. Kebiasaan untuk menabung di akhir, dapat membuat uang tabungan terpakai untuk keinginan yang tidak terduga.

Reporter Magang: Amalia Nurul Aini

Editor  : Deros D.Rosyadi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini