PDAM Tirta Bhagasasi Berubah Status Jadi Perumda, Ini Komentar Pj Bupati Bekasi

infobekasi – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi, salah satu BUMD milik Pemerintah Kabupaten Bekasi, resmi berganti status jadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Bhagasasi.

DPRD Kabupaten Bekasi menyetujui Raperda Perumda Tirta Bhagasasi menjadi Perda, pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bekasi pada Senin (11/09/2023).

Perubahan tersebut berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014. Dimana Perusahaan Umum Daerah adalah BUMD, seluruh modalnya dimiliki daerah dan tidak terbagi atas saham.

“Perubahan ini adalah perjalanan yang cukup panjang, karena di kabupaten dan kota di Jawa Barat, kita yang terakhir. Hal ini tertunda terkait pemisahan aset kerjasama dengan Pemkot Bekasi, dan juga terkait ketersediaan pembayaran kompensasi dari Pemkot Bekasi ke kita,” papar Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan.

“Perubahan Perumda juga tentu nanti ada penyesuaian dalam struktur organisasinya. Yang paling krusial itu penetapan modal dasar yang nilainya cukup fantastik, hingga Rp4 triliunan dengan rasio jumlah penduduk Kabupaten Bekasi mencapai 3,2 juta jiwa,” sambung Ia.

Pemkab Bekasi mendorong Perumda Tirta Bhagasasi untuk terus melakukan berbagai kerja sama dengan pihak lain, terkait pengembangan usaha water treatment plant, air minum dalam kemasan dan usaha lainnya.

“Apalagi dengan status Perumda sekarang ini diharapkan bisa lebih lincah lagi,” katanya.

Editor  : Deros

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini