Anggota Ormas Pungli dan Ancam Pelaku Usaha di Kayuringin

Infobekasi – Salah satu pertokoan fotokopi yang terletak di Jalan Lele Raya, Kelurahan Kayuringin, Bekasi Selatan, menjadi sasaran pemalakan oleh anggota organisasi masyarakat (ormas) pada Sabtu (23/9/2023) lalu.

Arief Rahman, penjaga toko menceritakan pengalamannya ketika satu anggota ormas mendatanginya. “Pelaku tersebut adalah satu orang dari ormas,” ujar Arif Rahman ketika diwawancarai di tokonya pada Selasa (26/9/2023).

Pelaku langsung meminta uang kepada Arief, meskipun saat itu toko sedang sepi pelanggan. Yang lebih mengkhawatirkan, pelaku mengancam Arief jika tidak memberikan uang.

“Dia datang, mengucapkan nama ormas, dan mulai mengeluarkan ancaman. Saya menjelaskan bahwa toko sedang sepi,” kata dia. Pada Kamis sebelumnya, anggota ormas itu juga datang menyebutkan kalau toko yang ia jaga tidak membayar.

Meskipun pelaku tidak menentukan jumlah uang yang harus diberikan, tindakan pemalakan ini sudah menjadi kebiasaan yang meresahkan.

“Dia tidak secara eksplisit menentukan jumlah uang yang harus kami berikan. Biasanya kami memberikan sekitar 2 ribu rupiah, tetapi ini terjadi secara berulang, dan kami khawatir ini akan menjadi kebiasaan,” ungkap Arief.

Arief mengungkapkan keprihatinannya atas praktik pemalakan yang dilakukan oleh anggota ormas dan mendesak aparat kepolisian untuk mengambil tindakan tegas.

“Kami merasa sangat resah,” tutur Arief.

Mendapat laporan tersebut, Tim Perintis Presisi Polres Metro Bekasi Kota segera datang ke lokasi tempat Arief bekerja dan melakukan patroli di sekitar area kejadian. Anggota ormas itu sekarang sedang dicari. (Fahmi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini