Pj Bupati Bekasi Gelar Apel Hari Santri di Ponpes Attaqwa Putra Ujungharapan Kyai Noer Ali

infobekasi.co.id – Pemerintah Kabupaten Bekasi menyelenggarakan Apel Peringatan Hari Santri Nasional (HSN), di Plaza Masjid Jami Attaqwa Pondok Pesantren Attaqwa Putra, Ujungharapan, Bahagia, Bekasi, pada Ahad 22 Oktober 2023.

Apel dihadiri sekitar 3000 orang peserta, dipimpin PJ. Bupati Bekasi, Dani Ramdan, dan dihadiri ketua DRPD Kabupaten Bekasi, Dandim O509 Kabupaten Bekasi, Sekretaris Daerah. Asda 1, Kepala Kantor Kemenag dan para kepala OPD Kabupaten Bekasi, para pimpinan ormas Islam Se-Kabupaten Bekasi, Ketua Baznaz, Ketua MUI, Ketua dan pengurus Forum Pondok Pesantren, serta para kyai pengasuh pesantren se-Kabupaten Bekasi, Camat Babelan dan Tambun Utara, Lurah Bahagia, juga para ASN di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Bekasi.

Tak ketinggalan, dari tuan rumah Attaqwa hadir para Pimpinan dan Pengurus Yayasan Attaqwa, serta para pimpinan, guru dan santri Attaqwa Putra dan Putri.

Dalam laporannya, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bekasi, Asnawi, memyampaikan beberapa kegiatan rangkaian dalam rangka memperingati HSN 2023.

Di antaranya, Porseni Pontren tingkat Kabupaten Bekasi pada 16-17 Oktober di Ponpes Attaqwa dan juga partisipasi Kab. Bekasi pada Expo Kemandirian Pesantren se-Jawa Barat yang diwakili Ponpes Attaqwa Putri.

Sementara, Dani Ramdan dalam amanatnya selaku inspektur upacara menggarisbawahi peran dan kontribusi para kyai, santri, dan pesantren dalam merebut, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan Indonesia.

Masih kata Dani, resolusi jihad dikeluarkan Hadratussyeikh KH. Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945, untuk menggelorakan semangat juang rakyat Indonesia melawan penjajah harus dimaknai dalam konteks kekinian.

Jihad membangun bangsa, memerangi kebodohan, mengentaskan kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan dan keadilan.

Dalam rangkaian apel HSN kali ini, para hadirin juga menikmati paduan suara santri Attaqwa Putra yang membawakan lagu, Ya Lal Wathon, yang membakar semangat peserta apel.

Tak ketinggalan satu lagu Arab berjudul A’touna At-Thofolah,  juga dibawakan para santri dengan sangat menyentuh. Sembari memegang mawar putih.

Pada momentum HSN 2023 kali ini para santri ingin mengirimkan pesan moral dan dukungan bangsa Indonesia yang tak pernah padam terhadap perjuangan anak-anak dan bangsa Palestina.

Tim marching band santri Attaqwa Putra juga hadir meneriahkan acara dengan membawakan lagu Mars Hari Santri dan Syair KH. Noer Ali, pendiri Attaqwa yang juga seorang tokoh ulama dan pahlawan nasional asal Bekasi yang kiprah dan perjuangannya selalu menjadi inspirasi para santri.

Diakhir acara, diumumkan para pemenang Porseni Pontren Tingkat Kabupaten Bekasi Tahun 2023 yang telah diikuti 47 pesantren Se-Kabupaten Bekasi.

Sebagai juara umum event tersebut adalah Ponpes Attaqwa Putra dan Putri, menyabet 14 juara 1, 4 juara 2 dan 2 juara 3 dari seluruh mata lomba dan kesenian dilombakan.

Piala juara umum Porseni Pontren Tingkat Kabupaten Bekasi pertama kali diselenggarakan kembali pasca pandemi ini diserahkan oleh PJ. Bupati Bekasi, Dani Ramdan, kepada Pimpinan Yayasan Attaqwa, KH. Irfan Mas’ud.

Dalam kesempatan itu para juara porseni juga mendapatkan hadiah dana pembinaan dari BAZNAS Kabupaten Bekasi yang diserah terima oleh Ketua Baznas kepada Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bekasi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini