Puluhan Tahun Beroperasi, Pemkot Bekasi Akhirnya Keruk Tumpukan Sampah di TPS Liar 

Infobekasi.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi akhirnya menutup aktivitas puluhan tahun Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar, di Kelurahan Bintara, Kecamatan Bekasi Barat, Kota Bekasi, Jumat (27/10/2023). PJ Wali Kota Bekasi, Raden Gani Muhammad mengungkapkan, TPS liar tersebut sudah berada sejak 1992.

“Sampah yang telah menumpuk tinggi, sudah mencapai sekitar 6 meter tingginya, dan telah jadi tempat pembuangan sampah liar selama lebih dari 30 tahun ini sangat menggangu aktifitas warga,” ucap Raden Gani Muhammad, Sabtu (28/10/2023).

Imbas menggunungnya tumpukan sampah hingga sekian meterr tersebut, buat aktivitas warga menjadi terganggu. Bahkan sampah sampah tersebut mencemari lingkungan.

“Berdampak buruk bagi para warga, bahkan nantinya bisa mengakibatkan polusi udara, air serta tanah,” jelasnya.

Dalam hal ini, Pemkot Bekasi menggandeng Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bekasi untuk mengeruk sampah. Sementara didatangkan dua alat berat/excavator untuk mengeruk sampah yang berada dari lahan TPS Liar seluas 2,5 hektare.

Sedangkan sampah tersebut akan dipindahkan ke ke Tempat Pembinaan Akhir (TPA) Sumur Batu, Bantargebang.

“Kurangi sampah hentikan prilaku buang sampah sembarangan, karena bisa menjadi sumber penyakit maupun pencemaran lingkungan sekitar, mencemarkan kali/sungai, dan menyebabkan kualitas air bersih menurun,” pungkasnya.

Reporter : Fahmi

Editor. : Deros

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini