DPRD Kota Bekasi Tuntut Standar Maksimal Pelayanan Pemadam Kebakaran

Infobekasi.co.id – Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi, Faisal, mengungkapkan dorongan dari pihaknya kepada Penjabat Wali Kota Bekasi untuk meningkatkan efektivitas pegawai di Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) baik dari segi kualitas sumber daya manusia (SDM) maupun jumlah personil sampai pada titik standar maksimal.

Menurut Faisal, efektivitas kerja pemadam kebakaran harus ditingkatkan secara maksimal karena berkaitan erat dengan keselamatan manusia. “Damkar adalah prasyarat dari sebuah kota, terutama di wilayah perkotaan yang rentan terhadap bencana kebakaran,” ujarnya.

Faisal menekankan pentingnya peran Damkar dalam menjaga keamanan warga dan menanggulangi bencana kebakaran. Berdasarkan catatan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bekasi, terdapat 190 peristiwa kebakaran sepanjang bulan Januari hingga Agustus 2023.

“Kami dari Komisi I perlu mendorong dan memberikan fokus dukungan terhadap institusi pemadam kebakaran. Kalau kurang personil ditambahin lagi, bukan merekrut baru, tapi memanfaatkan SDM yang ada,” kata dia.

Lebih lanjut, Faisal mengungkapkan keyakinannya bahwa pegawai yang sudah ada dapat dididik dan ditingkatkan keterampilannya menjadi petugas pemadam kebakaran yang profesional. “Mereka harus memiliki keterampilan dan pengetahuan yang memadai untuk mengatasi kebakaran dengan baik dan benar,” tambahnya.

Dengan langkah-langkah ini, diharapkan Damkar Kota Bekasi dapat beroperasi dengan lebih efektif, memberikan respons cepat terhadap kejadian kebakaran, serta meningkatkan kapasitas dalam penanggulangan bencana kebakaran di wilayah perkotaan. (advertorial)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini