RS Hermina Nusantara Mendukung Pekan Kesadaran Antibiotik Sedunia melalui Workshop DAGUSIBU

Infobekasi – RS Hermina Bekasi aktif berpartisipasi dalam kampanye global World Antibiotic Awareness Week dengan menyelenggarakan hermina talks bertemakan “DAGUSIBU (Dapatkan, Gunakan, Simpan, dan Buang) Penggunaan Antibiotik di Rumah dengan Bijak.” Acara ini diselenggarakan serentak di 46 RS Hermina se-nusantara pada Rabu, 29 November 2023, dan mengundang para peserta untuk meningkatkan pemahaman tentang Resistensi Antimikroba (AMR).

Hermina talks tersebut dipandu oleh dr. Maria Theresia. Kepala Departemen Penunjang Medis PT Medikaloka Hermina Tbk,dr Tantiyo Setiyowati mengatakan bahwa tujuan utama inisiatif ini adalah meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap resistensi antimikroba, sejalan dengan visi RS Hermina untuk mempromosikan kehidupan yang tumbuh, sehat, dan berumur panjang.

“Kegiatan ini sangat strategis, terutama untuk keluarga pasien yang berkunjung ke poliklinik rawat jalan atau ruang tunggu obat di farmasi. Kami ingin memberdayakan masyarakat dengan pengetahuan tentang cara mendapatkan, menggunakan, menyimpan, dan membuang antibiotik dengan bijak,” ujar dr Tantiyo Setiyowati.

Apt M. Fatah, S.Farm, selaku narasumber, menjelaskan, “Pekan Kesadaran Antimikroba sedunia yang dicanangkan oleh WHO bertujuan mengurangi resistensi antimikroba dengan mendistribusikan antibiotik hanya kepada pasien yang benar-benar membutuhkannya.”

RS Hermina Bekasi menegaskan komitmennya terhadap peran aktif dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Melalui DAGUSIBU, RS ini berusaha memberdayakan keluarga dengan pengetahuan yang diperlukan untuk menggunakan antibiotik secara bijak, mengingat dampak besar yang dimilikinya terhadap tubuh dan lingkungan.

Kegiatan ini mencerminkan dedikasi RS Hermina Bekasi dalam proaktif mengedukasi masyarakat, khususnya dalam mempromosikan penggunaan antibiotik yang bertanggung jawab sebagai bagian dari upaya bersama melawan Resistensi Antimikroba (AMR) secara global.

Editor: Adi T

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini