Pertamina Menemukan Cadangan Minyak Baru di Tambun

Infobekasi.co.id – PT Pertamina EP, Regional Jawa Subholding Upstream, telah berhasil menemukan dua sumber cadangan minyak terbaru di Jawa Barat. Sumur pertama, East Akasia Cinta (EAC)-001, terletak di wilayah kerja PEP Jatibarang Field, Kabupaten Indramayu.

Sedangkan, cadangan minyak kedua berasal dari sumur East Pondok Aren (EPN)-001 di wilayah kerja PEP Tambun Field, Kabupaten Bekasi.

Direktur Utama Pertamina EP, Wisnu Hindadari, menyatakan bahwa kedua sumur tersebut merupakan sumur eksplorasi yang dapat memperkuat optimisme dalam mencari sumber daya baru di area yang sudah matang, dengan harapan dapat berkontribusi dalam menjaga daya dukung produksi minyak dan gas dalam waktu yang akan datang.

Melalui Uji Alir Produksi, sumur EAC-001 di Indramayu diketahui mampu menghasilkan 30 Barrel of Oil Per Day (BOPD), gas sebesar 2,08 Million Standard Cubic Feet per Day (MMSCFD), dan kondensat setara 15,05 Barrel of Condensat Per Day (BCPD) pada kedalaman akhir 2520 mMD.

Pada sumur eksplorasi di Tambun, East Pondok Aren (EPN)-001 berhasil mengalirkan minyak dan gas pada DST kedua dengan rate minyak 402 BOPD dan rate gas 1,09 MMSCFD di kedalaman 2.590 mMD.

VP Explorations Pertamina EP, Indra Yuliandri, menyebut pengeboran ini sebagai bukti keberhasilan dari konsep baru PEP, yaitu stratigraphic trap di Formasi Lower Cibulakan, Sub Cekungan Ciputat.

Ini menjadi langkah penting dalam pembuktian konsep eksplorasi yang berbeda untuk menemukan dan membuka potensi akumulasi migas baru di area onshore Jawa Barat Utara.

Editor: Adi T

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini