Disnaker Bekasi Konfirmasi Pabrik Ban di Cikarang Bakal Tutup

Disnaker Bekasi Konfirmasi Pabrik Ban di Cikarang Bakal Tutup Operasi

Infobekasi – Dinas tenaga kerja (Disnaker) Kabupaten Bekasi mengonfirmasi, perusahaan yang memproduksi ban, yaitu PT Hung-A Indonesia akan menutup operasional mulai 1 Februari 2024 mendatang. Penutupan ini berdampak pada pemutusan hubungan kerja karyawan.

Kepala bidang hubungan Industrial, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Bekasi, Nur Hidayah mengatakan pihaknya sudah menerima laporan dari perusahaan tersebut.

“Pelaporan tutup dan berimbas pada PHK terhadap karyawan disampaikan ke disnaker (Kabupaten Bekasi) hari Senin kemarin tanggal 15 Januari 2024,” ucap Nur Hidayah saat dikonfirmasi, Kamis (18/1/2024).

Dirinya belum dapat konfirmasi secara detail penyebab perusahaan itu memutuskan untuk menutup pabriknya yang ada di kawasan EJIP Cikarang Selatan itu. Video pengumuman perusahaan kepada karyawan viral di media sosial.

“1 Februari 2024 PT Hung A melakukan penutupan operasional perusahaan sesuai dengan surat keputusan direksi yang nanti akan ditempelkan, semua yang ada disini termasuk saya hingga akan terdampak PHK, sesuai keputusan direksi mulai hari ini semua karyawan dirumahkan, sambil kita melakukan penyelesaian,” kata seseorang perwakilan PT Hung A yang bertemu dengan karyawan lainnya di dalam video yang beredar.

Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Indah Anggoro Putri mengatakan penyebab utama perusahaan tutup karena menurunnya orderan dari pemesan. Hal ini berdampak pada pemasukan perusahaan.

“Dampak atas persyaratan ketat dari pemesan cukup mempunyai efek terhadap produk yang dihasilkan. Cash flow yang menipis berujung tidak dapat menopang labour cost,” jelasnya dilansir dari detik

Reporter: Fahmi
Editor: Adi T

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini