Kapal Klotok Legendaris Hiburan Saat Musim Hujan

infobekasi.co.id – Musim hujan membuat sebagian rumah warga Bekasi tegenang air. Salah satu Warganet membagikan momen saat ruangan tamu rumahnya kemasukan air dengan main kapal klotok.

“Salah satu cara menikmati momen banjir,” ujar Bayu Wijayanigrat.

“Ketika kamu mulai menikmati hidupmu, kamu akan melihat betapa menakjubkannya dunia ini. Penuhilah hidupmu dengan kegembiraan,” imbuhnya.

Nah, omon-omon alias ngomongin mainan jadul kapal klotok jadi teringat pada tahun 90-an banyak penjual mainan kapal klotok di pasar-pasar, bahkan dijual saat musim hajatan di kampung.

Penjual biasanya memajang deretan perahu berbahan seng itu dengan beaneka warna. ciri khas mainan ini, di buntut kapal ada bendera merah putih.

Di tengah kapal, ada sesosok pria menggunakan topi ala tentara, sedang memegang kemudi bermoncong tank yang bisa bergerak saat kapal melaju dinyalakan menggunakan sumbu, dicampur sedikit minyak kelapa.

“klotok, klotok, klotok,” bunyi khas kapal mainan tersebut mengitari bak yang terisi air.

Mainan murah meriah ini menjadi salah satu pilihan bocah. Selain harganya yang ekonomis, cara penggunaanya juga simpel, hanya cukup wadah bak/ember, korek api dan minyak.

Tapi jangan sekali-kali dicoba di area luas, semisal di pantai apalagi laut. Kapal klotok bakal karam, lantaran bahan bakarnya minim, jarak tempuhnya terbatas, plus bobotnya ringan. Ketiup angin saja bisa oleng Kapten.

Nah, kalian apa pernah punya mainan kapal klotok, silahkan berbagi pengalaman. Jka belum pernah, silahkan coba mainan legendaris yang masih ada sampai saat ini.

(Deros/Dede Rosyadi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini