Risiko yang Tak Disadari Para Orangtua dari Mainan Pistol Sabun

Para orangtua kerap tidak memerhatikan mainan yang dipakai oleh anak-anak mereka. Apakah mainan tersebut aman atau tidak? Misalnya saja mainan pistol sabun. 

Jika sabun yang digunakan pada pistol tersebut tidak diperhatikan betul keamanannya, maka ini akan berisiko membuat mata anak anda cidera.

Menurut sebuah laporan baru yang diterbitkan dalam JAMA Ophthalmology, kasus cedera mata akibat sabun kimia pada anak usia prasekolah meningkat 32 kali lipat antara 2012 dan 2016.

Cedera mata dengan sensasi terbakar tersebut diderita anak saat mereka bermain pistol yang dapat menciptakan gelembung sabun. Banyak orangtua yang bahkan tidak menyadari potensi bahaya saat mereka menggunakan deterjen cuci cair.

“Hal ini berisiko sangat serius,” kata rekan penulis studi, R. Sterling Haring. “Bahan kimia seperti yang ditemukan dalam deterjen cuci biasa dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang, berisiko mengakibatkan kerusakan mata permanen bila gelembung tersebut mengenai mata anak.”

Menurut laporan itu, hampir 85 persen dari kasus cedera mata terjadi di rumah. Meski hanya 12 kasus cedera mata yang berhubungan dengan penggunaan deterjen cair pada 2012, namun di 2016 ada 480 anak-anak yang alami cedera mata akibat deterjen yang tidak aman pada mainan tersebut.

“Selain cedera mata, ada potensi bahaya lain ketika anak-anak menganggap gelembung sabun seperti permen dan memakannya. Sehingga pada akhir 2016, 99 persen dari produk bubble gun dengan merek terdaftar telah diminta memenuhi standar keamanan bagi anak-anak,” kata Sterling.

Walau begitu, masih banyak pistol sabun yang dijual di pasaran tanpa standar keamanan, sehingga orangtua diminta lebih waspada ketika ingin membeli atau menggunakannya bersama anak-anak. (Adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini