Komisi III DPRD Kota Bekasi Tekankan Inovasi Kerja Bapenda untuk Capai Target Pendapatan

Infobekasi.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi, melalui Komisi III, menyoroti Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) agar terus berinovasi dalam upaya memaksimalkan kinerja guna mencapai target pendapatan yang telah ditetapkan.

Anggota Komisi III DPRD Kota Bekasi, Sodikin, mengungkapkan penting bagi Bapenda untuk lebih giat dan kreatif agar target pendapatan dapat tercapai sesuai rencana kerja yang telah ditetapkan.

“Kami mendorong Dinas Bapenda untuk lebih berinovasi dan berusaha lebih keras lagi, sehingga target pendapatan dapat tercapai,” ujar Sodikin.

Pada triwulan pertama, target pendapatan yang ditetapkan mencapai lebih dari Rp 1 triliun, namun realisasinya hanya sekitar Rp 784 miliar. Hanya pajak Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) serta Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang belum mencapai target.

Meskipun demikian, Sodikin menyatakan bahwa kondisi keuangan daerah cukup aman hingga akhir April 2024. Dana yang tersedia di kas daerah dinilai cukup untuk memenuhi kebutuhan belanja, dengan asumsi penerimaan tambahan sebesar Rp 70 miliar lebih dari sektor pajak dan retribusi.

“Ada dua sumber pendapatan yang masih kurang, terutama terkait BPHTB baru realisasi sebesar 7,3 persen dan PBB sebesar 2,9 persen,” ungkap Sodikin, yang menargetkan pendapatan BPHTB hingga akhir tahun sebesar Rp 890 miliar dan PBB sebesar Rp 661 miliar.

Kendati demikian, laporan menunjukkan adanya kendala dalam mencapai target pendapatan dari kedua sektor tersebut. Salah satunya adalah kenaikan nilai jual objek pajak (NJOP) hingga 400 persen.

“Informasi yang kami terima menunjukkan bahwa ada beberapa pihak yang menahan diri untuk membayar, padahal ada ruang untuk menyampaikan keberatan,” tambah Sodikin.

Dengan demikian, Komisi III DPRD Kota Bekasi memperkuat dorongan kepada Bapenda untuk mengatasi kendala tersebut dengan strategi inovatif guna memastikan tercapainya target pendapatan yang telah ditetapkan.

Advertorial DPRD Kota Bekasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini