Sorak Sorai Lomba Rampak Bedung Antar RW di Desa Tridayasakti Tambun

Infobekasi.co.id –  Hiburan murah meriah dalam rangka lebaran digelar perangkat Desa Tridayasakti, Kecamatan Tambun Selatan. Acara ini dimulai sejak tanggal 19 – 21 April 2024 (Jumat hingga Minggu). Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Camat Tambun Selatan, Sofyan Hadi.

Lomba rampak beduk ini digelar di halaman kantor desa membuat jalanan macet lantaran warga berbondong-bondong hadir. Para pedagang jajanan juga senang, karena ikut meraup rejeki dari acara tersebut.

Saat satu peserta dari perwakilan RW setempat tampil, suara riuh diiringi rentak tabuhan beduk, diselingi tingkah puluhan orang berjingk-jingkrak sambil bersorak, terlihat rancak nan gembira. Sesekali mereka berteriak menyebut nama RW-nya.

Lapangan voli dengan setengah indoor “disulap” menjadi arena lomba. Terdapat enam beduk berukuran sedang, dihiasi rumbai-rumbai dengan tulisan perwakilan RW.

“Setiap hari ada enam RW yang tampil,” terang Jumidi, satu panitia lomba Rampak Bedug saat berbincang dengan jurnalis infobekasi.

Kepala Desa Tridayasakti, Suwandi mengatakan, lomba ini sengaja digelar buasanya untuk menyambut hari raya lebaran Idul Fitri.

“Banyak warga di sini yang memang asli Bekasi dan tidak mudik, serta tidak pernah piknik. Makanya, kami adakan untuk hiburan mereka,” kata Suwandi.

“Sudah belasan kali kami mengadakan kegiatan ini,” imbuhnya.

Masih kata Suwardi, setiap tahun selalu ada perubahan, termasuk penilaian dan dewan juri.
‪‪Suara tabuhan beduk yang menjadi irama rampak dinamis membuat penonton sesekali menggerak-gerakan kepala dan bahunya.

Sementara anak-anak beserta kaum ibu, bersorak juga mengikuti irama beduk yang dinamis tersebut.
Bukan hanya irama beduk, seragam dan banyaknya suporter yang dinilai.

Selain itu, nyanyian dari vokalis juga menjadi nilai tambah tersendiri. Apalagi kalau lagu yang dinyanyikan termasuk hits, tentu pendukung dan penonton bersorak-sorak.

Dari 18 RW di desa Tridayasakti, Kecamatan Tambun Selatan ini, hanya enam RW setempat saja yang ikut tampil setiap tahunnya. Berharap tahun depan bisa semua RW ikut serta.

“Ada 12 RW tidak ikut karena berada di perumahan dan sulit mencari penabuh beduknya,” timpal Bento, ketua RT yang timnya ikut tampil dalam lomba rampak bedug tersebut.

Kontributor: Aji Saban

Editor: Ken Deros

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini