Kian bersinar. Inilah gambaran Kota Bekasi di tahun 2025 ini. Setelah didapuk sebagai kota terkaya di Jawa Barat berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2024 lalu, kota yang juga merupakan kota terluas di Jawa Barat ini terus menunjukan tren positif dengan ekosistem usaha yang baik serta tingkat investasi yang terus bertumbuh. Kota Bekasi berhasil menunjukan pertumbuhan ekonomi yang mengesankan, ditambah dengan UMK yang naik 6,5% menjadikan Kota Bekasi pemilik UMK tertinggi di Indonesia.
Memanfaatkan kepadatan penduduknya, serta aksesibilitas yang tinggi, pertukaran barang di Kota Bekasi bergulir dengan cepat didorong dengan daya beli masyarakat yang kian meningkat. Salah satu kawasan yang disebut sebagai magnet ekonomi baru di Kota Bekasi dan sekitarnya yaitu Summarecon Bekasi. Menginjak 15 tahun sejak kehadiran Summarecon Bekasi pada 10 Maret 2010, kawasan ke 3 dari Summarecon ini memiliki pesona sebagai township terpadu (integrated) yang mengubah wilayah utara Kota Bekasi menjadi kawasan hunian dan komersial metropolitan yang berkembang modern, menghadirkan kehidupan yang lebih mudah dan nyaman bagi penghuni serta masyarakat sekitar. Modernitas dan pertumbuhan berkelanjutan menjadikan value Summarecon Bekasi kian melesat.
Summarecon Bekasi terus bergerak membangun kawasan berskala kota dengan fasilitas terlengkap di Kota Bekasi, yang kini tahap pengembangan kawasannya telah mencapai 70% dari total lahan seluas 270 Ha. Roda perputaran perekonomian tidak hanya datang dari market di dalam kawasan Summarecon Bekasi yang sudah dihuni oleh lebih dari 3.000 Kepala Keluarga, namun juga dari masyarakat Kota Bekasi dan sekitarnya, karena selain sebagai destinasi hunian premium dan berkelas, dengan beragam fasilitas mumpuni, kini Summarecon Bekasi juga menjadi destinasi hiburan, lifestyle, kuliner, otomotif hingga finansial yang menjadikannya incaran bagi banyak pelaku usaha dengan potensi market mencapai 60.000 Kepala Keluarga.
Terbaru, hadir La Spezia, waterfront culinary yang dekat dengan alam dan ramah lingkungan, berada di dalam kawasan BCBD (Bekasi Central Business District) Summarecon Bekasi yang dikembangkan di pusat Summarecon Bekasi sebagai destinasi lifestyle, bisnis dan kuliner. Kawasan ini sangat viral dan hingga kini menjadi destinasi hangout bagi masyarakat Bekasi dan sekitarnya, dengan deretan tenant ternama yang sudah membuka usahanya seperti BYD, KIPINA Kids Bekasi, William Mobilindo, Maison Tatsuya Teppanyaki, Greyhound Cafe, Kopi Nako, Lawless Burgerbar, Menya Musashi, Fogo, Aroem, De’Leuit, Vilo, Sushi Hiro, Shuka Grill, Simetri Coffee Roasters, Peloton Bike & Cafe, Feel Matcha, Bitter Sweet by Najla, Sai Ramen, yang akan segera buka yaitu Restoran Pagi Sore, Wiro Sableng Garden, Sentosa seafood Market, Derma Express, BMW, RS Permata Keluarga, hingga Inspiras Living.
Kesuksesan Summarecon Bekasi inilah yang mendorong berbagai pelaku usaha untuk berbondong-bondong melakukan ekspansi usahanya di kawasan yang dikenal maju dan selalu hidup ini. Setidaknya ada 500 unit usaha yang sudah membuka brand atau bisnisnya di Summarecon Bekasi.
Hal ini turut dijelaskan oleh Wilson Rahardjo selaku Pimpinan dari Restaurant Aroem Bekasi yang menuturkan, “Kami membuka Restoran Aroem di kawasan Summarecon Bekasi sejak 2024, yang merupakan cabang ke tiga kami di Indonesia. Setiap ekspansi usaha yang kami jalani, tentunya melalui berbagai pertimbangan diantaranya potensi kawasan hingga market yang sesuai dengan yang kami targetkan. Ternyata, bersyukur hanya dalam waktu singkat, Aroem Summarecon Bekasi mampu diterima dengan baik oleh warga Bekasi dan sekitarnya. Selain memang komitmen tinggi kami atas kualitas makanan dan pelayanan, lokasi restoran Aroem Summarecon Bekasi juga menjadi faktor penting yang melengkapi keberhasilan ini. Berada di area BCBD tepat di tepi danau Summarecon Bekasi, membawa vibes yang berbeda dan membuat Aroem Summarecon Bekasi mengisi hati para pecinta kuliner nusantara. Memang sejak awal kami sudah menangkap potensi bisnis yang baik di Summarecon Bekasi, dengan ramai dan hidupnya kawasan yang lengkap ini, pengembangan kawasan yang pesat dan pengelolaan yang baik oleh Town Management membuat pelaku usaha seperti kami merasa puas.”
Keberadaannya yang tepat di jantung Kota Bekasi, ditambah dengan konsep kawasan yang baik, kematangan dalam pengelolaan serta kelihaian dalam inovasi produk dan fasilitas, menjadi fondasi utama yang menjadikan Summarecon Bekasi sebagai “kiblat” untuk membuka usaha dan meningkatkan citra bisnis di kawasan dengan beragam potensi ini.
“Dari antusiasme yang tinggi masyarakat Bekasi, kami hadirkan K3MART di Kota Bekasi ini dengan memilih lokasi yang sangat strategis yaitu di Kawasan Summarecon Bekasi dengan pemandangan sangat cantik tepat di pinggir danau. Sampai saat ini K3MART menjadi tempat jajan, nongkrong dan belanja pilihan warga bekasi,” tutur Richard Stanley, President Director K3MART, lifestyle mart yang tengah digandrungi kalangan muda, dengan kelengkapan produk makanan serta minuman lokal, impor hingga umkm, dengan konsep masak dan makan di tempat.
Pertumbuhan ekonomi di Summarecon Bekasi yang inklusif pun dinilai mampu menjamah mulai dari UMKM hingga brand internasional ternama, karena ruang usaha di sini amat terbuka lebar bagi banyak segmen yang mengisi beragam lokasi, mulai dari Pasar Modern Sinpasa, pusat Komersial terpadu hingga Mal teramai di Kota Bekasi, yaitu Summarecon Mal Bekasi yang tahun ini akan membuka tahap 2, dan menjadikan Summarecon Mal Bekasi sebagai Mal Terbesar di Bekasi, dengan gross building area mencapai 306.000m2 dengan 600 total tenant serta estimasi mencapai 5juta pengunjung/bulan. Hadir dengan sebuah konsep baru yaitu mall yang terintegrasi dengan Sport Club, akan menambah daya tarik SMB yang tentunya kian meramaikan tingkat kunjungan ke kawasan Summarecon Bekasi.
Masih tingginya permintaan akan ruang usaha baru di kawasan Summarecon Bekasi, membuat kawasan dengan image esklusif ini kembali merilis komersial terbaru yang juga menjadi komersial blok terakhir, yaitu Crystal Boulevard Signature Commercial. Setelah sukses Sold Out pada penjualan tahap 1 dan 2, Unit Commercial Terdepan di Akses Utama dan terdekat dari Landmark serta FlyOver Summarecon Bekasi ini akan merilis Komersial Blok Terakhirnya pada 8 Februari 2025 mendatang. Dengan semua keunggulan yang dimiliki, Komersial Blok Terakhir dari Crystal Boulevard Signature Commercial ditawarkan dengan harga mulai dari Rp3,7M dengan unit yang dipasarkan pada penjualan Komersial Blok terakhir ini hanya 34 Unit. Dengan bertambahnya ruang usaha ini, Summarecon Bekasi yang dikenal “Tidak bisa diam” dengan semua gebrakannya, akan menambah panjang daftar tenant-tenant baru yang siap berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi di Kota Bekasi.