Ini Penampakan Drone DJI Phantom Generasi Ketiga

dji-phantom-3-resimleri-1-600x425
Pembuat pesawat tanpa awak asal Tiongkok, SZ DJI Technology Co Ltd memimpin cukup kuat di Amerika Serikat, setelah perusahaan tersebut beralih ke pasar komersil dengan harga murah dan beban yang ringan untuk terbang membuat banyak kalangan umum memilih menggunakan drone tersebut untuk shooting film, pemotretan, serta pemetaan situs-situs bersejarah.

DJI Phantom, sebagai salah satu produk dari SZ DJI Technology dikenal sebagai seri drone yang berjasa ikut mendongkrak popularitas wahana terbang tersebut di kalangan pengguna umum. Belum lama ini, perusahaan asal Tiongkok tersebut telah memperkenalkan drone Phantom generasi ketiga yang lebih canggih dibandingkan model terdahulu.

Sebagaimana dirangkum dari Kompas.com, ArsTechica dan Reuters, Jumat (17/4), drone bernama Phantom 3 itu terdapat dua model, yakni ‘Profesional’ dan ‘Advanced’. Perbedaan di antara dua model tersebut terletak pada kamera yang digunakan. Versi Profesional bisa menangkap video 4K sementara Advanced dibatasi dengan resolusi hanya Full-HD (1920×1080).

Berbeda dari model Inspire 1 buatan perusahaan yang sama kamera pada Phantom 3 tak dapat dilepas untuk diganti dengan kamera lain, misalnya GoPro. Tapi unit kamera milik drone ini dilengkapi fitur “anti goyang” dengan stabilizing gimbal.

Phantom 3 juga lebih “pintar” dengan sistem navigasi Vision Positioning System yang diboyong dari Inspire 1. Kamera Phantom 3 pun sanggup merekam video dengan bidang pandang hingga 94 derajat sebagai fitur standar.

Sistem ini memanfaatkan gelombang ultrasonik dan data visual untuk membantu drone menentukan posisinya di dalam ruangan atau tempat-tempat lain yang tidak tertembus GPS. Ia juga bisa mengetahui ketinggian drone dari tanah sehingga bisa terbang rendah tanpa celaka.

Peningkatan-peningkatan lain mencakup tenaga dan daya tahan baterai lebih lama, serta remote control baru yang menyajikan live view pandangan drone dari jarak hingga 2 KM.

Phantom 3 Profesional dijual seharga 1.260 dollar AS, sementara Phantom 3 Advanced dihargai 1.000 dollar AS. Rekaman aksinya bisa dilihat dalam video promosi di bawah ini. (fhi)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini