Hari Buku Yang Terlupakan

20141012_083915Setiap 23 April diperingati sebagai hari buku. Tidak seperti hari buruh, hari buku minim perhatian. Bahkan banyak pihak yang tidak tahu atau barangkali lupa jika pada 23 April menjadi hari “raya” buku se-dunia.

Setiap peringatan hari buku tidak ada yang istimewa. Berbeda dengan peringatan Hari Buruh. Semua insan di negeri ini sibuk dengan hari buruh “demam mayday”. Mulai dari orang biasa, aparat keamanan hingga pejabat pun mempersiapkan diri menyambut hari buruh.

Pun demikian dengan media, satu minggu sebelum peringatan hari buruh sudah ramai dengan pemberitaan hari buruh. Tanpa bermaksud membandingkan keduanya.

Sebagai entitas penting dalam memajukan sebah peradaban tidak semestinya buku dilupakan begitu saja. Entah apa yang membuat kita lupa dengan hari penting ini, saya tak tahu. Atau sebegitu lalainya kita dengan sumber dari segala ilmu.

Kita tahu api renaisan di Eropa bermula dari pencetakan buku-buku di Eropa. Ketika Eropa dalam kegelapan, buku-buku filsafat Yunani yang berbahasa Arab itu diterjemahkan dalam jumlah massal.

Tak lama sesudah itu aufklarung menyinari Eropa. Hasilnya, Eropa tampil menggantikan peradaban Islam yang saat itu sudah sampai ke daratan Eropa. Inilah kekuatan dan kekuasaan buku. Mampu mengubah sebuah peradaban.

Sebagai sebuah komunitas kota, kita harus memberikan perhatian khusus pada benda yang satu ini. Disaat orang-orang lebih menikmati sajian tabung ajaib bernama televisi, kota ini harus berani tampil beda. Lebih peduli dan cinta dengan buku.

Jika kemaren kita lalai atau lupa, sudah saatnya kita sadar dan terbangun untuk lebih peduli dengan buku. Derajat peradaban sebuah komunitas atau negara sangat ditentukan kepeduliannya terhadap buku. Tentu kita bisa menilai sendiri sudah sejauh mana tingkat peradaban kita.

Ketika linimasa kita didominasi komplain dan tuntutan tersedianya perpustakaan representatif. Komplain macet dan jalan rusak digantikan tuntutan perpustakaan kota yang nyaman. Saat itulah derajat peradaban kita naik. Selamat Hari Buku. (BAS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini