Bekasi Dan Karawang Jakaki Kerjasama Peningkatan Produksi Pangan

sawah-inset1_0Bekasi – Pemerintah Kota Bekasi sedang mejajaki kerja sama bidang pangan dengan Kabupaten Karawang. Pemerintah Kota Bekasi bisa menyediakan pupuk organik. Saat ini Pemerintah Kota Bekasi bersama masyarakat sedang giatnya melakukan proses komposting terhadap sampah organic. Sementarra itu Pemerintah Kabupaten Karawang sedang berupaya mejadikan daerah tersebut sebagai lembung padi Nasional.

“Pemerintah Kota Bekasi saat ini sedang menjajaki dijalinnya kerjasama saling menguntungkan dengan Pemerintah Kabupaten Karawang dalam program peningkatan produksi beras,” kata Wakil Walikota Bekasi Ahmad Syaikhu, Senin (15/6).
Menurutnya, Pemerintah Kota Bekasi terus berupaya agar pengelolaan sampah menjadi kompos lebih maksimal.
“Kerjasama tersebut berupa produksi kompos dari sampah organik di Kota Bekasi akan dikirim ke Kabupaten Karawang untuk menunjang produksi beras,” tambahnya.

Karena persentase sampah organik di Kota Bekasi lebih besar dan bisa diolah menjadi kompos. Ia menyebutkan rata-rata produksi sampah Kota Bekasi mencapai 1.528 ton dan didominasi sampah organik rumah tangga.

“Pemkab Karawang juga mengarahkan pada padi organik bukan padi biasanya. Tentu, Pemkot Bekasi berterima kasih bila hal ini terwujud. Kita bisa membantu dalam hal ketersediaan kompos dari pengolahan sampah organik di pasar tradisional dan dari sampah rumah tangga di Kota Bekasi,” jelasnya.

Ia menambahkan, jenis pupuk kompos ini mampu meningkatkan dan mengembalikan tingkat kesuburan tanah yang saat ini berkurang akibat pemakaian pupuk kimia yang berlebihan.

“Dari Kota Bekasi sebagai besar sampahnya jenis organik dan diolah menjadi kompos. Kompos ini kemudian bisa dikirim ke tetangga kita di Karawang,” tutupnya. (mc/goeng)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini