Dibalik Kesuksesannya, Andien Sempat Dimaki sampai Dimarahi Guru

andien1Suka duka menjadi penyanyi sejak usia 15 tahun kerap kali dirasakan Andien. Pemilik nama lengkap Andien Aisyah ini beberapa kali pernah mendapatkan cemoohan dan dipandang sebelah mata oleh lingkungannya.

Menjalani karier sebagai penyanyi selama 15 tahun bukan perkara mudah bagi Andien. Ia mengaku ketika hendak tampil live di salah satu stasiun TV ia dicaci seseorang di depan mukanya. Pengalaman tersebut masih membekas di ingatan Andien. Begitu pula dengan berbagai kritik dan hinaan yang pernah ia terima. Bahkan ia pun pernah dipanggil oleh guru di sekolahnya saat baru merilis video masa debutnya, Sahabat Setia.

Video yang menarik perhatian publik dan melejitkan namanya itu dianggap “tidak pantas” oleh sang guru. “Saya dipanggil guru karena celana saya di video itu dinilai terlalu pendek, sedangkan saya kan masuk sekolah Islam,” kata alumnus Al-Azhar Jakarta itu.

Ketika itu, Andien pertama muncul pada tahun 2000 melalui album Bisikan Hati. Baru di album ke-dua, Kinanti yang dirilisnya tahun 2002, nama Andien melejit. Itu berkat lagu Sahabat Setia, yang akhirnya ia gunakan menyebut penggemarnya. Dalam album ke-tiga, Gemintang namanya semakin berkibar di belantika musik Indonesia. Dirinya pun selalu dikaitkan dengan penyanyi jazz wanita muda andalan Indonesia, dan menjadi langganan pengisi Java Jazz Festival.

Wanita yang identik dengan suara Jazzi-nya juga merupakan artis dengan segudang prestasi. Tercatat, lima Anugerah Musik Indonesia dan satu Planet Muzik Awards di Singapura telah ia koleksi. Diakui Andien, itu memang pernah menjadi obsesinya sejak mulai menyanyi.

“Dahulu saya mikirnya untuk mendapatkan penghargaan. Dahulu juga berpikirnya ya menyanyi saja, tidak berpikir harus menghibur orang. Sekarang yang paling disyukuri adalah saya masih bisa bernyanyi,” terangnya.

Melalui album Andien (2013) dan Let It Be My Way (2014) kini Andien tampak semakin bereksplorasi dengan karya-karyanya. Ia menunjukkan sisi pop dan entertainer yang semakin matang. Dirinya pun berusaha semakin menguatkan karakter dan jati dirinya yang bercampur dengan perkembangan kreativitasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini