Kota Bekasi Tingkatkan Pelayanan, Kini Urus Administrasi Bisa Dilakukan Di Kecamatan

patenBekasi Timur – Demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Kota Bekasi melakukan sosialisasi Pelayanan Administrasi Terpaadu Kecamatan (Paten), Kecamatan Bekasi Timur, Rabu (28/10). Kegiatan ini dimaksudkan untuk mempermudah pelayanan administratif masyarakat di setiap Kecamatan Bekasi.

“Jadi, nantinya masyarakat apabila hendak melakukan kepengurusan administrasi bisa dilakukan di kantor kecamatan masing-masing, nggak perlu jauh-jauh ke kota. Kan kasihan yang tinggal di kecamatan Jatiasih, misalnya, kalau mau mengurus KTP kalau harus ke Kota,” ujar Kepala Bagian Bina Pemerintahan Kota Bekasi, Asep Gunawan, saat ditemui infobekasi.co.id seusai acara.

Asep menuturkan, tujuan dari adanya sosialisasi Paten ini untuk mendekatkan ke masyarakat supaya tahu bahwa di kecamatan itu sudah ada pelayanan Paten. Sehingga untuk masyarakat yang tinggalnya jauh diharap bisa lebih dekat pelayanannya di kecamatan.

“Jadi nanti semua perizinan-perizinan bisa dilayani dengan biaya gratis. Supaya pelayanan ini bisa sesuai dengan aturan yang berlaku, Ini kan misalkan ada pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) gratis, ya gratis, artinya nggak boleh bayar” jelasnya.

Nantinya, apabila masyarakat menemukan adanya pungutan atau ketidak sesuaian pelayanan dari mekanisme yang ada, maka masyarakat bisa langsung melaporkan ketidakberesan ini melalui sms center ataupun kotak saran yang disediakan dan mulai diberlakukan sejak berlakunya Paten ini.

“Apabila ada ketidak beresan atau ketidak puasan masyarakat dalam pelayanan, disini disediakan semacam SMS center dan lembar ketidak puasan. Jadi ada semacam angket kepuasan atau ketidak puasan, apabila tidak puas itu kenapa, jadi nanti ada kotak sarannya di setiap kecamatan. begitu ada ketidaksesuaian langsung aja di lapor,” Paparnya.

Di Kecamatan Bekasi Timur ini merupakan yang ketiga kalinya dilakukan sosialisasi Paten dimana melibatkan 2 kecamatan lainnya, yaitu bersama dengan Kecamatan Bekasi Utara dan Medansatria.

“Setelah berjalan kegiatannya 4 kali nanti baru akan kita evaluasi. yang mana ada kelemahan-kelemahannya. Ini sekali dilaksanankan per 3 kecamatan dan mengundang 120 orang per kecamatan,” Pungkasnya.(Sel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini