Pemkot Bekasi Cabut Penutup Jalan Cipendawa

Pembukaan blokir jalanRAWALUMBU – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menertibkan penutupan jalan yang dilakukan oleh warga yang merasa tanah miliknya belum kunjung terbayarkan oleh pemerintah saat proses pembebasan lahan, yang difungsikan sebagai fasilitas jalan umum dengan panjang 1,5 kilometer, di Jalan Cipendawa, Kelurahan Bojongmenteng, Kecamatan Rawalumbu, Selasa (08/12).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Cecep Suherlan mengatakan, pihaknya menerjunkan 60 anggotanya untuk menjaga kondusifitas pemblokiran yang dilakukan oleh warga. Kata dia, warga telah mengecor jalan yang sudah dibangun pemerintah dengan tong minyak yang berisikan semen, dan batu.

“Apa yang dilakukan warga ini telah mengganggu aktifitas jalur umum, karena pemerintah sudah membangun, dan melakukan pembebasan lahan. Atas dasar itu, pemerintah melakukan pembongkaran supaya jalan yang dibangun bisa manfaatkan,” jelasnya disela eksekusi pembongkaran, Selasa (08/12).

Cecep menuturkan pihaknya akan mengamankan apabila ada pihak-pihak yang melakukan perlawanan. Lanjut Cecep, warga dapat menempuh jalur hukum asalkan tidak menutup akses jalan tersebut. “Biar saja proses hukum berlanjut, akses jalan bisa tetap dipakai,” ujarnya.

Sementara itu salah seorang warga mengatakan bahwa tanah tersebut milik warga bernama Nosin yang memiliki luas sekitar 700 meter itu belum terlunaskan. Bahkan dkrinha memperlihatkan bukti sertifikat yang dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN)

”Tanah itu dasarnya kuat dari bapak (alm) Thabrani, H Nosin membelinya. Kalau memang salah bukan pemilik sah, kenapa BPN bisa mengeluarkan sertifikat. Saat melakukan pengurusan sertifikat dari Thabrani ke H Nosin,” ujarnya warga yang tak mau disebutkan namanya itu.

Lanjutnya, ia mengaku belum menerima uang pembebasan lahan dan beberapa kali memenuhi panggilan dari Pemerintah Kota Bekasi terkait hal tersebut.

“Oleh sebab itu kita minta kepastian hukum, dan hak kita harus diberikan,” harapnya. (Sel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini