Lima Poin Yang Perlu Dibenahi Pelaku Usaha Dalam Hadapi MEA

DekopindaBEKASI TIMUR – Ketua Dekopinda (Dewan Koperasi Indonesia Daerah) Kota Bekasi, Anim Imamuddin, mengatakan pengusaha maupun masyarakat Indonesia tidak perlu pesimis dalam menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Momen MEA ini katanya justru harus disikapi dengan optimis, untuk menjaring pasar nasional maupun luar negeri yang lebih luas.

Untuk memanfaatkan era perdagangan bebas itu, dia menilai ada lima hal yang perlu dibenahi oleh pelaku usaha lokal. Pertama, kualitas SDM yang ditingkatkan, kedua pemodalan yang dipermudah, dan ketiga terkait peningkatan kualitas manajemen, khususnya manajemen UKM.

“Harus ada SDM yang baik, khususnya penguasaan bahasa asing. Kemudian ada juga money atau permodalan dan manajemen,” kata anggota Komisi A DPRD Kota Bekasi itu dalam diskusi bersama para pelaku usaha dan UMKM di area Pasar Bekasi Town Square (Betos).

Dalam diskusi tersebut dihadiri juga oleh ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) wilayah Bekasi, Radityo Egi, yang juga berperan sebagai pembicara.

“Poin keempat adalah pemanfaatan teknologi untuk mengembangkan bisnis berbasis teknologi,  seperti e-commerce. Yang kelima, peningkatan mutu standar pemasaran, khususnya yang terkait dengan pelayanan kepada para pelanggan” Pungkas Anim.(Sel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini