137 SMP Se-Indonesia Ikuti Porseni Mipa XVI SMA Korpri

PORSENIBEKASI TIMUR – Sebanyak 137 Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Indonesia mengikuti kegiatan Pekan Olahraga dan Seni MIPA (Matematika dan IPA) (Porseni MIPA) XVI yang diselenggarakan di SMA Korpri, Bekasi, Sabtu (23/1).

Kegiatan yang sudah berlangsung di tahun ke-16 ini dibuka oleh Wakil Walikota Bekasi, Ahmad Syaikhu, dan turut dihadiri pula oleh Ketua Koni Kota Bekasi, Yan Rasyad, dan Sekretaris Dinas Pendidikan, Dedi Junaedi.

“137 sekolah yang ikut serta bukanlah jumlah yang kecil. Apalagi peserta terjauhnya ada dari Banjarbaru. Tentunya ini sangat membanggakan. Semoga kedepan event-event nasional olahraga akan terus ditingkatkan dan dapat menyemarakkan Kota Bekasi,” ujar Syaikhu.

Dalam sambutannya, Syaikhu juga mengingatkan bahwa dalam beberapa tahun kedepan, Indonesia akan mendapat bonus demografi sekitar 70% yang akan terjadi di rentan usia pelajar SMP dan SMA saat ini.

“Apabila kita sanggup mengukir prestasi yang gemilang saat masih usia pelajar seperti saat ini, bukan tidak mungkin saat bonus demografi itu terjadi kita bisa meningkatkan prestasi gemilang Indonesia dari sektor lain yang lebih profesional, misalnya perekonomian. Untuk itu kita harus persiapkan dari sekarang,” kata dia.

Syaikhu yang hari ini sedang berulang tahun ke-51 juga berpesan untuk para peserta lomba agar dapat bertanding dengan menjunjung tinggi kejujuran dan sportivitas.

Sementara itu, salah seorang panitia Porseni Mipa, Gery Guritno, menyampaikan bahwa tahun ini merupakan tahun dengan peserta terbanyak, yaitu 137 sekolah dengan total sekitar 4500 peserta.

“Kami selalu ingin meningkatkan kualitas Porseni tiap tahunnya. Berkat konsistensi dari para guru dan koordinasi yang baik dengan para siswa, alhamdulillah Porseni yang dulunya hanya tingkat Bekasi saat ini bisa sampai tingkat nasional, hingga ada peserta yang datang dari Yogyakarta, bahkan Kalimantan,” terang Gery semangat.

Dalam lomba kali ini, ia menjelaskan bahwa peserta akan memperebutkan piala bergilir Walikota, piala tetap Wakil Walikota, serta piala tetap Koni. Serta uang pembinaan dengan total mencapai Rp 100 juta rupiah dan beasiswa bagi para pemenang.

“Tujuan kami tentunya ingin memfasilitasi siswa tingkat SMP untuk dapat berkarya melalui 19 cabang lomba yang kami adakan selama 5 hari kedepan ini. Kita juga mau membuat terobosan bahwa kota Bekasi yg biasanya dibully ternyata sekarang sudah ada lomba tingkat nasional,” kata dia. (Sel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini