Ajakan BPLH Bekasi untuk Mendukung Program 1.000 Taman

rukoBEKASI SELATAN – Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bekasi mengajak masyarakat dan pihak swasta untuk turut serta  mendukung program penghijauan di Kota Bekasi. Di antaranya dengan bersama menyediakan lahan untuk dijadikan lokasi taman, memperbanyak tumbuhan hias di pot-pot pada tempat usahanya, disertai tempat sampah yang memadai agar terjaga kebersihan di lingkungan.

Pasalnya pada tahun ini pemerintah Kota Bekasi mencanangkan program 1.000 taman, sehingga nantinya Kota Bekasi menjadi lebih hijau, indah dan nyaman. Selain itu, ada juga kegiatan pembuatan sejuta lubang biopori untuk meminimalisir genangan banjir dan menjaga kualitas air.

Kepala BPLH Kota Bekasi, Sopandi Budiman, mengatakan untuk itu pihak swasta juga perlu dilibatkan dalam memuluskan program tersebut.

“Jadi, diantaranya dalam hal penyediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) untuk dijadikan fasilitas sosial seperti pembuatan taman. Program ini berdasarkan Peraturan Daerah Kota Bekasi No. 16 tahun 2011 tentang penyediaan dan penyerahan. Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU) ada kewajiban pengembang menyediakan RTH,” ujarnya, Rabu (03/02).

Lanjut Sopandi,  selain itu, Pemerintah Kota Bekasi juga telah membuat surat edaran kepada semua RW di Kota Bekasi untuk mendukung program pemerintah memperbanyak taman.

“Pada Kota Bekasi minim RTH, dengan adanya program tersebut, RTH akan bertambah. Program 1.000 taman dapat tercapai jika masyarakat mendukung upaya ini. Lebih mudah bagi RW yang berada di perumahan, hanya minta pengembang sediakan lahan untuk dijadikan taman. Surat edaran telah disampaikan DP3JU,” pungkasnya. (Ez)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini