Taman Harapan Baru Bakal Jadi Taman Hutan Kota Tematik di Medansatria

taman THBMEDANSATRIA – Guna mewujudkan 1.000 taman di Kota Bekasi, Kecamatan Medansatria bersama BPLH akan segera mewujudkan taman hutan tematik di wilayah Perumahan Taman Harapan Baru (THB). Hal itu dikatakan Camat Medansatria, Taufiq Rachmad Hidayat kepada infobekasi.co.id, Selasa (09/02).

“Rencana Medan Satria dan BPLH di THB, dibawah sutet bakal dibangun taman hutan kota yang memiliki tema (tematik) untuk menambah RTH tahun ini,” ujarnya.

Selama ini, lanjut Taufiq, keadaan di Taman Harapan Baru tersebut tidak terurus. Untuk itu dirinya ingin membuat taman hutan kota di wilayah itu.

“Itu luasnya kan satu hektar lebih, sementara rumputnya sudah rumput gajah semua. Kan sayang kalau tidak termanfaatkan. Insyaaallah Medansatria bisa berubah wajah lah,” kata dia.

Rencananya taman yang akan dibangun sekitar bulan April 2016 ini akan dibagi dalam tiga zona, yaitu zona landmark, zona kreatif dan zona ekonomi.

“Bunderan THB akan jadi zona landmark, lalu ada zona kreativitas dan zona ekonomi untuk para pedagang makanan dan kerajinan. Jadi nanti akan kita tampung tapi tidak permanen,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, pada zona kreatif akan dibagi lagi menjadi tiga taman, yaitu taman balita, taman pemuda, dan taman lansia yang akan dilengkapi dengan fasilitasnya masing-masing.

“Untuk lansia mungkin akan disiapkan tempat terapi, taman pemuda buat kumpul komunitas seperti BMX dan fasilitas skateboard. Sementara Balita ada buat jungkat jungkit, ayunan dan arena bermain. Rencananya dengan konsultan BPLH kita ajukan ada tematiknya seperti itu. Jadi jangan sampai manfaat masyarakatnya terlalu umum,” jelas Taufiq.

Kedepan, imbuh dia, taman hutan kota di THB ini diharap bisa jadi pusat aktivitas masyarakat, supaya tidak hanya terfokus pada daerah Boulevard, Harapan Indah saja yang kegiatannya hanya ada saat Car Free Day. (Sel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini