Minum yang Banyak Dapat Menyehatkan Ginjal?

minumAir memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan ginjal. Fungsinya yakni untuk membuang racun dari dalam tubuh. Namun bukan berarti bahwa anda wajib minum air secara berlebih untuk menjaga ginjal.

Menurut Dr. Tunggul D. Situmorang, urin yang dikeluarkan oleh tubuh sekitar satu sampai satu setengah liter. Kira-kira itu sama dengan sekitar tujuh gelas.

Tunggul mengatakan bahwa banyaknya air minum yang dikonsumsi harus disesuaikan dengan aktivitas. Jika aktivitasnya berat, dengan penguapan tubuh yang lebih banyak, maka harus minum yang banyak.

Tubuh manusia sudah secara otomatis mengatur kebutuhan cairan.  Hal ini ditandai dengan rasa haus yang muncul ketika tubuh sudah kekurangan cairan.

Tunggul tidak menyarankan untuk minum secara berlebih, karena jika minum dengan berlebih, justru akan membuat beban pada ginjal saat filtrasi mengeluarkan racun di tubuh.

“Anggapan minum air sebanyak-banyaknya akan menolong ginjal sebaik-baiknya, itu tidak betul. Misalnya, jangan sampai saking semangatnya, minum air 8 gelas langsung di pagi hari. Ini justru enggak baik untuk ginjal. Delapan gelas kan untuk sehari bukan sekali minum,” ujar dokter Tunggul. (Adm)

Sumber : Kompas.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini