Tahukah Kamu, Ternyata Madu Juga Berkhasiat untuk Kecantikan?

MaduKamu pasti tahu serangga kecil yang suka menghisap bunga kan? Yups, lebah yang mampu menghasilkan cairan kental berwarna coklat keemasan yang biasa kita sebut madu. Madu yang berasal dari lebah ini memang mempunyai khasiat yang luar biasa untuk manusia, diantaranya untuk mengobati penyakit sariawan, meningkatkan kekebalan tubuh dan menambah stamina tubuh.

Ternyata didalam madu terdapat kandungan yang bermanfaat, di antaranya adalah fruktosa (gula buah), sukrosa (gula tebu), dan maltosa (gula gandum). Selain itu, madu juga mengandung berbagai vitamin, yaitu vitamin : A, B1, B2, B3, B5, B6, D, K, E, Uric Acid, dan asam nikotinat. Ini semua merupakan vitamin-vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, dan dengan mudah bisa terserap oleh tubuh selama satu jam setelah diminum. Berbeda dari berbagai vitamin yang terdapat secara terpisah-pisah pada berbagai makanan lain yang lebih lambat penyerapannya dibandingkan vitamin yang terdapat di dalam madu.

Selain itu, madu juga berkhasiat untuk merawat kecantikan wajah.

1. Melembabkan Kulit Wajah

Dengan kemampuan mengikat zat air, madu berkhasiat melembabkan kulit wajah anda dari dalam. Cukup dengan mengoleskan madu ke wajah, maka kulit wajah anda akan terlindungi dari sinar ultraviolet, dan terlihat lebih lembab secara alami.

2. Mengobati Bibir Kering dan Hitam

Ternyata madu juga dapat mengatasi bibir kering dan hitam agar menjadi merah merona. Caranya, tuangkan madu ke dalam satu sendok makan, panaskan madu sampai sedikit encer dan mengeluarkan busa. Oleskan madu selagi hangat ke bibir anda. Lakukan secara rutin setiap malam hari sebelum tidur. Setelah tujuh hari, anda akan mendapatkan bibir lebih segar dan merah merona.

3. Mengobati Jerawat

Kulit wajah anda sering berjerawat? Mari sembuhkan dengan bahan alami seperti madu. Penyebab munculnya jerawat adalah tersumbatnya pori-pori kulit oleh kotoran. Madu memiliki khasiat melawan infeksi akibat sumbatan tersebut serta mampu menarik kotoran keluar pori-pori. Madu juga dapat membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat di wajah anda.

Selain itu, Jika anda mengalami masalah noda bekas jerawat, anda dapat menghilangkan dengan madu hangat yang sudah dipanasi terlebih dahulu. Oleskan madu yang masih hangat ke bagian-bagian wajah yang ada bekas jerawatnya. Tunggu 2 – 3 jam, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin setiap hari agar bekas jerawat pada muka dapat hilang secara alami.

4. Memutihkan Wajah

Manfaat madu berikutnya adalah memutihkan wajah. Dengan mengangkat sel kulit mati yang terdapat pada permukaan kulit luar. Bahan yang dibutuhkan adalah satu sendok makan madu, satu sendok makan almond, satu sendok makan oatmeal dan satu sendok teh air lemon. Caranya adalah dengan mampurkan semua bahan tersebut, pijat dengan lembut pada wajah selama 5 – 10 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Jika ingin merasakan manfaat nyata dari madu, lakukan perawatan kulit muka dan bibir secara teratur. Selama mencoba! (DSY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini