Transportasi Berbasis Online Perlu Kajian Khusus

Yayan YulianaBEKASI TIMUR – Pro dan kontra terhadap keberadaan kendaraan transportasi berbasis online dinilai perlu kajian khusus. Hal tersebut diungkapkan oleh kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana, Senin (14/03).

“Kami akan mengaji secara khusus persoalan ini, sekitar pada triwulan kedua di tahun ini. Dan tidak menutup kemungkinaan akan dapat mengeluarkan kebijakan terkait transportasi berbasis online,” ujar Yayan saat dihubungi infobekasi.co.id melalui saluran telepon.

Lanjut Yayan, hal ini dipandang perlu jika sampai terjadi kekosongan hukum demi meminimalisasi adanya benturan antara transportasi konvensional, dan transportasi berbasis online di Kota Bekasi. Dimana tidak menutup kemungkinan akan melahirkan peraturan dalam bentuk Peraturan wali kota (Perwal).

“Bisa daerah mengeluarkan peraturan Perwal. Tapi kajian baru dilakukan pada triwulan kedua tahun ini,” katanya.

Selama ini, dia menilai, belum ada aturan pasti yang dikeluarkan pemerintah pusat terhadap transportasi online. Menurutnya, perlu ada peraturan turunan yang semestinya dikeluarkan pemerintah pusat terkait hal ini.

“Ya mestinya segera diputuskan supaya jelas oleh pemerintah pusat, apakah mereka (kendaraan transportasi online) ini sah atau tidak. Saat ini statusnya kan memang bukan kendaraan angkutan yang sah. Tapi kan selama ini masih mengambang,” tandas Yayan. (Sel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini