Reses, DPR RI Komisi 8 Kembali Sosialisasikan Program Kube dan Rutilahu

Wenny HaryantoMEDANSATRIA – Anggota DPR RI Komisi 8, Wenny Haryanto, melakukan Reses persidangan ke-3 di dua lokasi, di Kecamatan Medansatria. Dalam resesnya, ia melakukan sosialisasi kembali program Kelompok Usaha Bersama (Kube), dan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu).

“Komisi 8 kan membidangi agama dan sosial, jadi saya disini menyampaikan dan meneruskan program-program yang ada di Komisi 8. Kalau dari Kemensos, tadi saya sampaikan itu mengenai Kube dan mengenai Rutilahu,” ungkap Wenny saat ditemui infobekasi.co.id usai acara reses di Kelurahan Harapanmulya, Jumat (01/04) malam.

Ia menjelaskan, bahwa untuk program Kube, bentuknya adalah suatu usaha yang terdiri dari 10 orang, dimana nantinya akan mendapat pelatihan dari Kemensos, dan pendampingan mengenai usaha apa yang mau dibuat.

“Dana yang diperoleh itu 20 juta rupiah dengan kapasitas orangnya 10 per satu usaha, jadi harus dikerjakan bersama-sama. Ini tujuannya untuk melatih masyarakat supaya bisa berkemampuan berwiraswasta, bisa mandiri, mau berusaha, dan bisa menghidupi keluarga,” jelas Wenny.

Ia mengatakan, dalam program Kube, nantinya akan ada pembinaan, yang mana pembinaannya didatangkan dari Kemensos, dan sudah digaji oleh Kemensos.

“Itu didampingi terus, jadi kalau ada kendala bisa dilaporkan langsung. Karena target kan harus berhasil, jadi bukan berarti dikasih uang, lalu ditinggal,” papar Wenny.

Sementara untuk program Rutilahu, Wenny menjelaskan ada syarat utama yang harus dipenuhi oleh pemohon bantuan Rutilahu, yaitu kondisi rumah.

“Ini kan program pemberdayaan masyarakat yang menjadi tugas dan target Kemensos. Untuk Rutilahu, syarat utamanya yaitu kondisi rumah harus beralaskan tanah, dinding harus bilik, dan harus mendapat rekomendasi serta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kelurahan,” jelasnya.

Kedua program ini, lanjut dia, ialah ditunjukan bagi rentang usia 18tahun sampai 60 tahun dan telah memiliki KTP. Karena sebagai syarat pengajuannya ialah harus melampirkan fotokopi KTP, Surat Keterangan Tidak Mampu dari kelurahan, serta fotokopi Kartu keluarga (KK).

“Untuk Kuota, saya mendapatkan 50 kuota untuk Kube, dan 100 kuota Rutilahu,” pungkasnya. (Sel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini