Bermodal Keprihatinan, Sampah Disulap Wanita Ini Jadi Rupiah

Sampah yang Diubah Jadi Sebuah Kerajinan Hingga Bisa Hadilkan UangMEDANSATRIA – Keprihatinan terhadap sampah menjadikan salah seorang sosok Kartini Kota Bekasi ini memiliki ide untuk mendaur ulang sampah plastik. Etty Lestari (56), warga RW 06 Perumahan Pejuang Pratama, Kelurahan Pejuang, Medansatria ini akhirnya membuat kerajinan tas dari plastik.

“Keseharian saya buka warung di rumah. Awal inspirasinya dari situ. Saya pikir, daripada sampah plastik yang berbentuk sachet dibuang begitu saja, lebih baik didaur ulang menjadi hal yang berguna seperti tas, dompet, maupun tempat tissue,” ujar Etty kepada infobekasi.co.id, Kamis (21/04).

Ia sadar, bahwa jenis sampah anorganik seperti plastik memerlukan waktu puluhan atau bahkan ratusan tahun baru dapat terurai. Daripada menimbulkan dampak buruk, ia merasa akan lebih baik apabila sampah bisa ia manfaatkan dengan lebih bijak.

“Plastik itu susah hancur, jadi apa salahnya kita manfaatin sampah ini, apalagi dari sini kita bisa menghasilkan uang,” ungkap ibu yang telah memiliki dua cucu ini.

Bermodal keterampilannya melipat plastik, wanita ini kini sudah mampu menjual ratusan produknya. Bukan hanya di Bekasi, tapi juga di luar kota, seperti Semarang dan Manado. Padahal, usia usahanya ini belum genap satu tahun ia geluti.

“Ini menyenangkan. Pengerjaannya kan bisa sambil mengisi waktu luang, sambil jaga toko juga. Lama pengerjaan untuk tas berkisar satu hingga tiga hari sesuai tingkat kerumitan,” lanjutnya.

Etty juga mengaku, sejauh ini ia bekerja sama dengan empat pedagang minuman lainnya untuk membantu mengumpulkan plastik sachet keperluannya.

“Saya bilang dari pada dibuang buat saya saja,” ujarnya sambil tersenyum.

Selain membuat tas dari plastik sachet, Etty juga membuat keterampilan daur ulang lainnya, seperti bros dari kain perca.

“Di momen Kartini ini, semoga perempuan bisa lebih maju dan sukses. Walaupun sudah tua, tapi hidup harus bermanfaat. Untuk Kota Bekasi sendiri, wanitanya juga sudah banyak yang maju, mulai dari aktif di kegiatan dan lebih kreatif untuk membantu suami,” pungkas Etty. (Sel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini