Dinkes Kota Bekasi Jamin Vaksin Puskesmas Aman

Ilustrasi vaksin palsu
Ilustrasi vaksin palsu

BEKASI BARAT – Masyarakat Bekasi saat ini sedang digemparkan mengenai vaksin palsu yang melibatkan pasangan suami istri di Perumahan Kemang Pratama, Bekasi. Menanggapi peristiwa ini, Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi, Tetty Manurung, mengatakan, menjamin tidak ada temuan di lapangan dalam penggunaan dan peredaran vaksin palsu.

“Dari hasil sidak di sejumlah rumah sakit, klinik, dan puskesmas di wilayah Kota Bekasi, tidak ditemukan penggunaan vaksin palsu tersebut,” kata Tetty.

Ia menjamin, pihaknya, untuk pelayanan di puskesmas, tidak menggunakan vaksin diluar ketentuan standar Dinkes, karena sudah memiliki standar dan dikirim dari vaksin buatan PT Bio Farma di Bandung, Jawa Barat.

“Kami jamin untuk pelayanan di puskesmas itu menggunakan vaksin dari kami. Dan itu vaksin buatan dari Bio Farma, di Bandung. Jadi pasti aman vaksin yang ada di puskesmas,” ujarnya.

Tetty juga menambahkan, pihaknya sedang berkoordinasi lebih lanjut dengan PT Bio Farma terkait kemungkinan untuk dilakukan ulang imunisasi dasar.

“Untuk mencegah, jika dalam tubuh bayi ditemukan gejala penyakit dari penggunaan vaksin palsu tersebut, dapat dideteksi sejak dini,” ujar Tetty.

Tetty meminta agar masyarakat tidak perlu khawatir dan cemas, karena pihaknya telah melakukan pengawasan mutu pada vaksin yang digunakan.

“Saya minta masyarakat jangan cemas dan khawatir, karena Dinkes telah melakukan pengawasan mutu pada vaksin yang digunakan di seluruh puskesmas,” tuturnya. (Ez)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini