Ingin Belanja Online? Baca Ini Dulu!

Dengan adanya sistem berbelanja online, tentu masyarakat jadi banyak terbantu. Cara berbelanjanya mudah, dan waktu  pun tidak banyak terbuang.

Kemudahan dan masalah efisiensi waktu, menjadikan belanja online jadi populer. Terbukti, pada awal 2016 ini saja, tempat belanja online berkembang menjadi 8,1 persen dari tahun sebelumnya.

Jika anda ingin berbelanja secara online, berhubung barang yang akan dibeli tidak secara nyata dapat anda lihat dan pegang, maka ada beberapa hal yang perlu anda cermati. Seperti yang dilansir dari liputan6.com dalam Lifehack.com, Minggu (10/07) berikut ini.

Detail Barang

Langkah belanja online 1Sebelum melakukan transaksi, anda harus benar-benar memerhatikan detail barang yang akan dibeli. Karena tentu saja, jika sudah dibeli, barang tidak bisa dikembalikan bukan?

Tanya selengkap-lengkapnya seputar barang yang akan dibeli kepada penjual. Jangan takut dibilang bawel, karena ini merupakan hak anda sebagai pembeli.

Bandingkan Harga

Langkah belanja online 2Barang yang akan anda beli tentu tidak hanya dijual di satu toko online saja. Maka dari itu, anda bisa membandingkannya dengan toko online yang lainnya untuk bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Ungkapan bahwa kualitas barang ditentukan dari harga memang benar, namun jika anda bisa mendapatkan barang yang bagus dengan harga yang lebih murah, tentu menguntungkan bukan?

Baca Ulasan Produk

Langkah belanja online 3Baca mengenai ulasan produk yang akan dibeli juga baiknya harus anda lakukan. Karena dari sinilah anda dapat membaca komentar orang-orang yang sudah membeli dan memakai produk yang bersangkutan. Jadi anda bisa mempertimbangkannya sebelum membeli.

Cek Harga Pengiriman

Langkah belanja online 4Mengecek harga pengiriman tentu saja juga perlu. Anda tidak ingin kan jika harga pengirimannya terlalu mahal?

Ketahui Hak Anda

Langkah belanja online 5Anda harus tahu mengenai hak anda sebagai konsumen, yakni untuk mengetahui kebijakan refund dan retur dari toko online yang bersangkutan.

Hati-Hati Penipuan

Langkah belanja online 6Hal ini harus betul-betul anda perhatikan jika ingin berbelanja online. Apalagi jika barang yang akan dibeli harganya mahal. Untuk mengetahui website berbelanja online yang terpercaya, anda dapat menggunakan Google Trusted Stores untuk melakukan verifikasi terhadap situs belanja online tersebut. (Adm)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini