Diduga Lakukan Pelanggaran, Perusahaan Penyalur TKI di Pondokgede Digerebek

Para TKIPONDOKGEDE – Petugas gabungan dari Ombusdman, BNP2TKI, dan Bareskrim Mabes Polri, Kamis dini hari (20/07) menggerebek kantor dan sekaligus penampungan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Jalan Swakarsa, Kelurahan Jatibening, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi. Penggerebekan dilakukan atas adanya dugaan penyimpangan prosedur dalam pengiriman TKI oleh PT Safarindo Insan Corpora.

Menurut sejumlah calon TKI mengaku, dirinya diperlakukan buruk dengan kata-kata kasar oleh pengurus perusahan tersebut.

“Kami tidak pernah dianiaya, namun sering dibentak-bentak dengan kata-kata kasar oleh pihak pengurus perusahan,” ujar Bai Sahmin, TKI asal Lombok Tengah.

Pelanggaran prosedur diantaranya, calon TKI sudah ditampung selama enam hingga delapan bulan, dan tidak jelas waktu keberangkatannya, jika di antara mereka ada yang ingin pulang, maka akan dikenakan biaya pinalti atau denda sebesar Rp 7,5 juta, dan terakhir, calon TKI hanya diberikan dua kali makan dan tempat penampungan yang tidak layak.

“Iya kami mendapatkan informasi dan langsung bersama Bareskrim Mabes Polri dan BNP2TKI bergerak ke lokasi,” ujar Ninik Rahayu, perwakilan dari Ombudsman.

Setelah diberikan formulir untuk didata, sebanyak tiga puluh delapan TKI wanita, dan lima TKI pria yang berasal dari sejumlah daerah di Indonesia, rencananya akan diberangkatkan ke Saudi Arabia.

“Meski perusahan tersebut terdaftar di BNP2TKI, tetap akan kami berikan sangsi jika terdapat pelanggaran-pelanggaran yang fatal,“ tambah Ninik Rahayu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini