Yakin Sudah Dewasa? Cek Ini Dulu

Tiap manusia memang memiliki sifat yang berbeda-beda. Ada yang pemarah, ada juga yang tidak mudah marah, ada yang tanggung jawab, namun ada juga yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, ada pula yang memiliki sifat dewasa, namun tidak sedikit pula yang punya sifat seperti anak-anak.

Sifat dewasa pada seseorang tidak dinilai dari tubuhnya yang besar, atau usianya. Ada beberap hal yang menjadi penilaian bagi seseorang untuk dianggap dewasa, seperti yang dilansir dari beberapa sumber di bawah ini.

Berpikir Pendek

Berpikir panjangHal pertama yang bisa dilihat dari seseorang yang belum dewasa adalah pola pikirnya. Jika ia masih melakukan hal-hal dengan secara spontan, tanpa memikirkan apa akibatnya, dan akankah ada orang yang dirugikan? Maka bisa dikatakan ia masih belum matang.

Seseorang yang telah dewasa juga sudah punya rencana untuk masa depan. Jadi ia sudah mempersiapkannya dengan sangat baik.

Bisa Membagi Waktu 

mengatur waktu freelance-5666564ac5ea3 (1)Jangan berpikir bahwa anda sudah dewasa jika membagi waktu saja masih belum bisa. Anda sudah akan dikatakan dewasa jika sudah bisa membagi-bagi waktu, dan kenal betul dengan apa yang harus diprioritaskan terlebih dahulu dibandingkan dengan hal yang lainnya.

Tidak Mudah Terhasut dengan yang Lain

Terhasut dengan orang lainHubungan dengan orang lain tidaklah mudah. Banyak tipe orang yang suka menghasut di sekeliling kita. Hal ini juga bisa dijadikan penilaian bagi anda, apakah anda dewasa atau tidak. Jika anda mudah terhasut dengan teman kantor misalnya, yang menjelek-jelekkan teman anda yang lainnya, maka anda masuk dalam kategori masih kekanak-kanakan. Mengapa? Karena apa yang dibicarakan oleh teman anda belum tentu benar secara fakta bukan?

Sudah Mampu Bantu Orangtua Secara Finansial

Balas budi ke orangtua secara finansialAnda sudah merasa dewasa? Apa sudah bisa memberi orangtua biaya untuk kehidupannya? Misalnya untuk uang makan, tagihan listrik dan air di rumah, atau yang lainnya? Jika alasannya gaji anda tidak mencukupi, artinya anda juga masih belum bisa mengatur keuangan.

Mengakui Kesalahan, dan Bisa Menerima Kritikan

Kata maafKritikan memang terkadang bisa membuat jengkel. Namun anda harus dapat berpikir bahwa kritik dari seseorang itu penting, karena bisa membangun, dan menjadikan anda lebih baik dari yang sebelumnya. Terlebih jika anda bisa menerima bahwa anda melakukan hal yang salah. (Adm)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini